Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGADAAN TANAH BAGI PEMBANGUNAN UNTUK KEPENTINGAN UMUM OLEH PT. PLN RAYON PASIR PANGARAIAN DI KEC. UJUNGBATU DESA SUKADAMAI MENURUT UNDANGUNDANG NOMOR 2 TAHUN 2012 TENTANG PENGADAAN TANAH BAGI PEMBANGUNAN UNTUK KEPENTINGAN UMUM

MEDDY MELDIOS, - (2020) PENGADAAN TANAH BAGI PEMBANGUNAN UNTUK KEPENTINGAN UMUM OLEH PT. PLN RAYON PASIR PANGARAIAN DI KEC. UJUNGBATU DESA SUKADAMAI MENURUT UNDANGUNDANG NOMOR 2 TAHUN 2012 TENTANG PENGADAAN TANAH BAGI PEMBANGUNAN UNTUK KEPENTINGAN UMUM. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text
SKRIPSI GABUNG(2).pdf

Download (2MB)
[img] Text (HASIL DAN PEMBAHASAN)
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (407kB)

Abstract

ABSTRAK Undang-undang Nomor 2 Tahun 2012 Tentang Pengadaan Tanah Bagi Pembangunan Untuk Kepentingan Umum adalah sebuah peraturan yang mengatur tentang bagaimana tatacara pengadaan tanah yang akan digunakan untuk kepentingan umum, meskipun untuk kepentingan umum tetap lah harus menjaga hak-hak yang dimiliki oleh pemilik tanah sebelumnya dengan mengedepankan prinsip kemanusiaan, demokratis dan keadilan dengan cara melakukan proses konsultasi publik dalam pengadaan tanah tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses konsultasi publik terhadap pengadaan tanaha bagi pembangunan untuk kepentingan umum oleh PT. PLN Rayon Pasir Pangaraian di Kec. Ujungbatu Desa Sukadamai. Masalah pokok dalam skripsi ini adalah proses konsultasi publik terhadap pengadaan tanah bagi pembangunan untuk kepentingan umum yang sejatinya memiliki maksud dan tujuan agar terpenuhinya hak-hak parah pihak yang berhak atas tanah tersebut. Namun dalam pelaksanaanya hal tersebut belum terlaksana dengan baik dan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Sehingga masyarakat merasa apa yang menjadi hak mereka tidak terpenuhi. Metode yang digunakan oleh penulis dalam penelitian ini adalah metode penelitian Hukum Sosiologis atau Empiris, yaitu penulis melakukakan penelitian langsung ke lokasi penelitian, sedangkan sifat penelitian ini yaitu bersifat deskriptif. Adapun penulis melakukan penelitian ini pada PT. PLN Rayon Pasir Pangaraian dan juga kepada masyarakat Desa Sukadamai yang Terkena dampak dari pengadaan tanah bagi pembangunan untuk kepentingan umum. Kemudia populasi dari penelitian ini adalah 1 orang Manager PLN, 1 orang Kepala Desa dan 20 orang masyarakat yang tanahnya terkena dampak. Hasil Penelitian ini menunjukan pengadaan tanah bagi Pembangunan Untuk Kepentingan umum oleh PT. PLN Rayon Pasir Pangaraian di Kec. Ujungbatu Desa Sukadamai tidak terlaksana dengan baik, hal ini dibuktikan dengan tidak adanya dilakukan proses konsultasi publik terhadap pengadaan tanah tersebut. Adapun kendala yang dihadapi dalam proses pengadaan tanah ini adalah Kurang pahamnya Pihak yang melakukan pengadaan tanah terhadap regulasi pengadaan tanah bagi pembangunan untuk kepentingan umum sesuai yang sesuai dengan peraturan yang berlaku, kurangnya waktu yang dimiliki untuk melakukan proses konsultasi publik, serta domisili warga terkena dampak pembangunan yang jauh dari tempat pengadaan tanah bagi pembangunan untuk kepentingan umum tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 340 Ilmu Hukum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 17 Jun 2020 01:11
Last Modified: 17 Jun 2020 01:14
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/27217

Actions (login required)

View Item View Item