PENERAPAN TEKNIK SCRAMBLED GROUPS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS IVA SEKOLAH DASAR NEGERI 033 TAMPAN KOTA PEKANBARU

Dewi Arfitri Yanti (2012) PENERAPAN TEKNIK SCRAMBLED GROUPS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS IVA SEKOLAH DASAR NEGERI 033 TAMPAN KOTA PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIEF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
2012_2012831.pdf

Download (465kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan teknik Scrambled Groups dalam meningkatkan hasil belajar Matematika pada siswa kelas IVA Sekolah Dasar Negeri 033 Tampan Kota Pekanbaru. Adapun rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana penerapan teknik Scrambled Groups dalam meningkatkan hasil belajar Matematika materi bangun ruang pada siswa kelas IVA Sekolah Dasar Negeri 033 Tampan Kota Pekanbaru. Sebagai subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IVA tahun pelajaran 2011-2012 dengan jumlah siswa sebanyak 40 orang. Objek dalam penelitian ini adalah penerapan Teknik Scrambled Groups untuk meningkatkan hasil belajar matematika. Sedangkan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan teknik observasi, dan teknik tes. Pelaksanaan dalam penelitian ini ditempuh dalam dua siklus. Setiap siklus dilaksanakan dua kali pertemuan. Untuk mengukur hasil belajar dilihat dari peningkatan ketuntasan belajar siswa secara individu dan klasikal. Ketuntasan individu diukur berdasarkan pencapaian KKM yang telah ditetapkan yaitu 68. Sedangkan ketuntasan klasikal diukur berdasarkan keberhasilan siswa minimal 75% mencapai KKM. Penerapan teknik Scrambled Groups dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas IVA Sekolah Dasar Negeri 033 Tampan Kota Pekanbaru. Pada sebelum tindakan siswa yang tuntas sebanyak 22 (55,00%), sedangkan pada siklus pertama meningkat menjadi 29 orang siswa atau ketuntasan telah mencapai 72,50%. Setelah dilakukan tindakan perbaikan yaitu pada siklus II ternyata ketuntasan siwa mencapai 36 orang siswa atau dengan persentase 90,00%. Artinya hasil belajar siswa telah 75% mencapai KKM yang telah ditetapkan, yaitu 68. Adapun langkah-langkah penerapan teknik Scrambled Groups yang dapat meningkatkan hasil belajar adalah guru menyampaikan tujuan pembelajaran, membentuk siswa duduk dalam kelompok berlima, guru meminta tiap orang bertanggung jawab untuk memahami LKS, kemudian memberikan tiap orang dalam kelompok sebuah huruf, A, B, C, D, dan E untuk masing-masing kelompok, mengacak kelompok, yaitu semua huruf A, B, C, D, E masing-masing membuat satu kelompok, semua A membuat satu kelompok, semua B membuat satu kelompok dan seterusnya, meminta siswa bergantian melaporkan diskusi kelompok sebelumnya, dan meminta tiap orang dalam kelas menyimpulkan semua rangkaian opini atau informasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 500 Ilmu-ilmu Alam dan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Surya Elhadi
Date Deposited: 25 Feb 2016 05:35
Last Modified: 25 Feb 2016 05:35
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/2717

Actions (login required)

View Item View Item