PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSITED INDIVIDUALIZATION (TAI) MELALUI PEMANFAATAN LEMBAR KERJA SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII MADRASAH TSANAWIYAH PP DARUNNAJAH SUNGAI ALAH KECAMATAN HULU KUANTAN KABUPATEN KUANTAN SINGINGI

Wenzi Asfrida, (2012) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSITED INDIVIDUALIZATION (TAI) MELALUI PEMANFAATAN LEMBAR KERJA SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII MADRASAH TSANAWIYAH PP DARUNNAJAH SUNGAI ALAH KECAMATAN HULU KUANTAN KABUPATEN KUANTAN SINGINGI. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIEF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
2012_2012806.pdf

Download (383kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk untuk mendeskripsikan penerapan Model Pembelajaran Team Assited Individualization (TAI) melalui Pemanfaatan Lembar Kerja Siswa dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika pada Siswa kelas VII MTS PP Darunnajah Sungai Alah Kecamatan Hulu Kuantan Kabupaten Kuantan Singingi. Subjek dalam penelitian ini adalah murid kelas VII Madrasah Tsanawiyah PP Darunnajah Sungai Alah semester ganjil tahun pelajaran 2011/2012. Jumlah murid yang dijadikan subjek penelitian sebanyak 26 orang murid. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assited Individualization (TAI). Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Siklus I terdiri dari dua kali pertemuan dan siklus II juga terdiri dari dua kali pertemuan. Agar penelitian tindakan kelas ini berhasil dengan baik tanpa hambatan yang mengganggu kelancaran penelitian, peneliti menyusun tahapan-tahapan yang dilalui dalam penelitian tindakan kelas, yaitu: Perencanaan/persiapan tindakan, Pelaksanaan tindakan, Observasi dan Refleki. Dari hasil analisis data diperoleh aktivitas guru meningkat dalam pembelajaran pada siklus I diperoleh skor rata-rata sebesar 14,5 dengan kategori kurang sempurna sedangkan pada siklus II sebesar 21,2 dengan kategori sempurna. Peningkatan aktivitas guru juga diikuti oleh meningkatnya aktivitas siswa seperti pada Siklus I skor 60,5% dengan kategori tinggi, sedangkan pada Siklus II diperoleh skor 77,5% dengan kategori sangat tinggi. Jika dilihat dari jumlah siswa yang mencapai ketuntasan belajar hanya 12 orang siswa, sedangkan pada siklus I meningkat menjadi 19 orang siswa, dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 24 orang siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 500 Ilmu-ilmu Alam dan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Surya Elhadi
Date Deposited: 25 Feb 2016 05:32
Last Modified: 08 Sep 2016 03:37
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/2716

Actions (login required)

View Item View Item