PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE (STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DENGAN STRATEGI ASSURANCE RELEVANCE INTEREST ASSESSMENT SATISFACTION (ARIAS) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN 010 PULAU DERAS PASAR BARU PANGEAN

Sri Endra Yarnita, (2012) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE (STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DENGAN STRATEGI ASSURANCE RELEVANCE INTEREST ASSESSMENT SATISFACTION (ARIAS) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN 010 PULAU DERAS PASAR BARU PANGEAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIEF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
2012_2012795.pdf

Download (413kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD menggunakan strategi ARIAS sehingga dapat meningkatkan motivasi belajar matematika pada materi bilangan bulat siswa kelas V SD Negeri 010 Pulau Deras Pasar Baru Pangean. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 010 Pulau Deras Pasar Baru tahun ajaran 2009/ 2010 dengan jumlah siswa sebanyak 14 orang. Sedangkan objek penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan strategi ARIAS untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas V SD Negeri 010 Pulau Deras Pasar Baru. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Siklus I terdiri dari dua kali pertemuan dan siklus II terdiri dari tiga kali pertemuan. Agar penelitian tindakan kelas ini berhasil dengan baik tanpa hambatan yang mengganggu kelancaran penelitian, peneliti menyusun tahapan-tahapan yang dilalui dalam penelitian tindakan kelas, yaitu: perencanaan/persiapan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian, maka diperoleh kesimpulan bahwa penelitian ini dapat meningkatkan motivasi belajar matematika siswa kelas V SD Negeri 010 Pulau Deras Pasar Baru Pangean. Indikator keberhasilan tindakan dalam meningkatkan motivasi belajar adalah apabila rata-rata keseluruhan indikator motivasi berkategori tinggi, atau mencapai lebih dari 56%. Rata-rata motivasi belajar siswa secara klasikal pada pertemuan sebelum tindakan adalah 42,3% dengan kategori “Rendah”, sedangkan rata-rata motivasi belajar siswa pada siklus I adalah 56,5% pada kategori “Tinggi” dan pada siklus II 76,2% dengan kategori “Sangat Tinggi”. Motivasi belajar matematika siswa dari siklus I ke siklus II meningkat hampir pada setiap indikator yang diamati. Peningkatan yang terjadi karena dalam pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan strategi ARIAS, siswa dituntut bukan hanya menyelesaikan tugas secara individu tetapi juga bekerja sama dengan baik dalam kelompok untuk menyelesaikan evaluasi. Dari penjelasan di atas menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan strategi ARIAS dapat meningkatkan motivasi belajar matematika siswa kelas V SD Negeri 010 Pulau Deras Pasar Baru Pangean.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 500 Ilmu-ilmu Alam dan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Surya Elhadi
Date Deposited: 25 Feb 2016 05:23
Last Modified: 25 Feb 2016 05:23
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/2715

Actions (login required)

View Item View Item