PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK KUIS TIM DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA MATERI BANGUN RUANG DI KELAS VIII DI MADRASAH TSANAWIYAH AL-KARIMIYAH BANTAN TUA

Ilyas (2012) PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK KUIS TIM DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA MATERI BANGUN RUANG DI KELAS VIII DI MADRASAH TSANAWIYAH AL-KARIMIYAH BANTAN TUA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIEF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
2012_2012790.pdf

Download (494kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan peningkatan aktivitas belajar matematika siswa kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Al-Karimiyah Bantan Tua melalui strategi Pembelajaran Cooperative teknik Kuis Tim, khususnya pada Mater Bangun Ruang. Berdasarkan latar belakang masalah yang telah dikemukakan dirumuskan sebagai berikut: Dengan peningkatan aktivitas belajar matematika siswa pembelajaran cooperative teknik kuis tim di kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Al-Karimiyah Bantan Tua pada pokok bahasan Bangun ruang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Clas room action Reseach). Penelitian ini dilakukan dalam Dua siklus. Agar penelitian tindakan kelas ini berhasil dengan baik tanpa hambatan yang mengganggu kelancaran penelitian, peneliti menyusun tahapan-tahapan yang dilalui dalam penelitian tindakan kelas, yaitu: 1) Perencanaan/persiapan tindakan, 2) Pelaksanaan tindakan, 3) Observasi, dan Refleksi. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat diketahui bahwa terjadinya peningkatan aktivitas belajar siswa dalam pelajaran Matematika. pada data awal aktivitas belajar siswa dikategorikan sangat rendah dengan rata-rata presentase 20,0 dan pada siklus I, sampai II, Peningkatan aktivitas data % berturut-turut 77,5 dan 80,70 dengan demikian aktivitas belajar siswa meningkat setelah diterapkan strategi pembelajaran Cooperative teknik Kuis Tim dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Al-Karimiyah Bantan pada materi Bangun Ruang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 500 Ilmu-ilmu Alam dan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Surya Elhadi
Date Deposited: 25 Feb 2016 05:11
Last Modified: 25 Feb 2016 05:11
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/2714

Actions (login required)

View Item View Item