PENERAPANMODELPEMBELAJARANADVANCE ORGANIZER UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELASVIII1 MADRASAH TSANAWIYAH PONDOK PESANTREN ISLAMIC CENTRE AL-HIDAYAH KECAMATAN KAMPAR TIMUR KABUPATEN KAMPAR

ANDI SAPUTRA, (2012) PENERAPANMODELPEMBELAJARANADVANCE ORGANIZER UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELASVIII1 MADRASAH TSANAWIYAH PONDOK PESANTREN ISLAMIC CENTRE AL-HIDAYAH KECAMATAN KAMPAR TIMUR KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIEF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
2012_2012704.pdf

Download (535kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan minat belajar matematika siswa kelas VIII1 Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Islamic Centre Al- Hidayah Kecamatan Kampar Timur Kabupaten Kampar melalui penerapan model pembelajaran Advance Organizer. Dalam penelitian ini rumusan masalahnya adalah ”Bagaimanakah minat belajar matematika siswa kelas VIII1 Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Islamic Centre Al-Hidayah Kecamatan Kampar Timur Kabupaten Kampar melalui penerapan model pembelajaran Advance Organizer, khususnya pada pokok bahasan Kubus dan Balok?”. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, yaitu berkolaborasi antara guru mata pelajaran matematika dengan peneliti. siswa kelas VIII1 Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Islamic Centre Al-Hidayah Kecamatan Kampar Timur Kabupaten Kampar yang berjumlah 32 orang, dijadikan responden dalam penelitian ini. Pengambilan data dilakukan dengan pengamatan yang dilakukan oleh 4 orang dan masing-masing pengamat mengamati 8 siswa. Setelah diperoleh data hasil belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan tindakan, kemudian peneliti menganalisis data tersebut. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Analisis ketuntasan berdasarkan indikator minat sebelum tindakan, diperoleh hasilnya dengan rata-rata sebagai berikut: indikator 1 = 55%, indikator 2 = 44%, indikator 3 = 58%, indikator 4 = 53%, indikator 5 = 60%, indikator 6 = 60%, indikator 7 = 57%, indikator 8 = 51%, indikator 9 = 47%, indikator 10 = 45%. Sedangkan setelah tindakan diperoleh hasil sebagai berikut: indikator 1 = 95%, indikator 2 = 93%, indikator 3 = 95%, indikator 4 = 95%, indikator 5 = 94%, indikator 6 = 94%, indikator 7 = 93%, indikator 8 = 92%, indikator 9 = 93%, indikator 10 = 83%. Berdasarkan hasil penelitian dari analisis tindakan, diperoleh kesimpulan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran Advance Organizer dapat meningkatkan minat belajar matematika siswa,. Hal ini dapat dilihat dari analisis deskriptif minat belajar siswa kelas VIII1 setelah tindakan. Dari analisis ketuntasan secara individual dari 32 siswa, se

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 500 Ilmu-ilmu Alam dan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Surya Elhadi
Date Deposited: 25 Feb 2016 05:02
Last Modified: 25 Feb 2016 05:02
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/2713

Actions (login required)

View Item View Item