Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

SIFAT FISIK LAHAN RAWA DAERAH PASANG SURUT YANG ALIHFUNGSI TANAM PADI KE TANAMAN SAWIT DI DESA KEMPAS JAYA KECAMATAN KEMPAS KABUPATEN INDRAGIRI HILIR

Samsu Alam, - (2020) SIFAT FISIK LAHAN RAWA DAERAH PASANG SURUT YANG ALIHFUNGSI TANAM PADI KE TANAMAN SAWIT DI DESA KEMPAS JAYA KECAMATAN KEMPAS KABUPATEN INDRAGIRI HILIR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text
GABUNGAN SKRIPSI KECUALI BAB IV.pdf

Download (2MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (373kB)

Abstract

SIFAT FISIK LAHAN RAWA DAERAH PASANG SURUT YANG ALIHFUNGSI TANAM PADI KE TANAMAN SAWIT DI DESA KEMPAS JAYA KECAMATAN KEMPAS KABUPATEN INDRAGIRI HILIR Samsu Alam (11582103864) Di bawah bimbingan Irwan Taslapratama dan Ervina Aryanti INTISARI Lahan rawa pasang surut merupakan salah satu tipe agroekologi yang mempunyai potensi cukup luas bagi pembangunan pertanian tanaman pangan. Pemanfaatan lahan rawa pasang surut untuk budidaya tanaman pangan, khususnya padi menghadapi beberapa masalah yaitu kesuburan tanah yang rendah dalam pengembangan tanaman pangan di lahan pasang surut. Tujuan dari penelitian untuk mengetahui perubahan sifat fisik lahan rawa daerah pasang surut yang alihfungsi tanam padi ke sawit. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan metode purposive sampling yaitu pengambilan sampel pada lahan rawa daerah pasang surut yang alihfungsi tanam padi ke sawit. Parameter yang diamati adalah tekstur, warna, bobot isi dan kadar air. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Agustus sampai dengan September 2019 di lahan milik masyarakat. Hasil penelitian menunjukkan warna tanah pada lahan padi berwarna abu-abu gelap hingga warna abu-abu muda setelah dialihfungsikan ke sawit warna tanah berwarna coklat kuning tua hingga warna coklat abu-abuan. Berdasarkan analisis fisik di laboratorium tekstur tanah pada lahan padi dan sawit termasuk kelas tekstur liat berdebu. Bulk Density pada lahan padi setelah dialihfungsikan ke sawit mengalami penurunan yaitu kedalaman 0-30 cm sebesar 0.08 % sama halnya kedalaman 31-60 cm yaitu 0.08 %. Kadar air pada lahan padi setelah dialihfungsikan ke sawit mengalami peningkatan yaitu kedalaman 0-30 cm 1.46 % dan kedalaman 31-60 cm yaitu 1.38 %. Sifat fisik tanah pada lahan padi setelah dialihfungsikan ke sawit tersebut masih layak digunakan untuk tanaman padi namun perlu pengolahan yang ekstra. Kata kunci: Sifat Fisik, Lahan Rawa, Alihfungsi, Tanam Padi ke Sawit.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 630 Usaha Tani, Pertanian, Teknologi Pertanian
Divisions: Fakultas Pertanian dan Peternakan > Agroteknologi
Depositing User: fapertapet -
Date Deposited: 11 Jun 2020 04:39
Last Modified: 11 Jun 2020 04:39
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/27088

Actions (login required)

View Item View Item