PENERAPAN STRATEGI THINK-TALK-WRITE (TTW) UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWATERHADAP PELAJARAN MATEMATIKA KELAS VII SMP NEGERI 1 XIII KOTO KAMPAR KABUPATEN KAMPAR

DEVI SURYANI, (2012) PENERAPAN STRATEGI THINK-TALK-WRITE (TTW) UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWATERHADAP PELAJARAN MATEMATIKA KELAS VII SMP NEGERI 1 XIII KOTO KAMPAR KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIEF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
2012_2012647.pdf

Download (507kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa terhadap pelajaran matematika kelas VII SMP Negeri 1 XIII Koto Kampar Kabupaten Kampar melalui penerapan strategi Think-Talk-Write (TTW). Subjek dalam penelitian ini adalah murid kelas VII SMP Negeri 1 XIII Koto Kampar Kabupaten Kampar tahun ajaran 2011/2012 dengan jumlah murid sebanyak 30 orang. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa melalui penerapan strategi TTW di kelas VII SMP Negeri 1 XIII Koto Kampar Kabupaten Kampar. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, siklus pertama terdiri dari dua kali pertemuan dan satu kali ulangan harian dan siklus II terdiri dari dua kali pertemuan dan satu kali ulangan harian. Agar penelitian tindakan kelas ini berhasil dengan baik tanpa hambatan yang mengganggu kelancaran penelitian, peneliti menyusun tahapantahapan yang dilalui dalam penelitian tindakan kelas, yaitu: Perencanaan/persiapan tindakan, Pelaksanaan tindakan, Observasi dan Refleksi. Berdasarkan hasil penelitian, maka diperoleh kesimpulan bahwa penelitian ini dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa terhadap pelajaran matematika kelas VII SMP Negeri I XIII Koto Kampar Kabupaten Kampar. Hal ini dapat dilihat dari pemahaman konsep siswa terhadap mate pelajaran Matematika yang mengalami peningkatan. Pada skor dasar awal pemahaman konsep siswa yang diperoleh yaitu sebanyak 8 orang yang mencapai KKM atau 26% dengan rata-rata pemahaman konsep siswa sebesar 52.96. Pada siklus I pemahaman konsep pada mata pelajaran matematika yang diperoleh siswa adalah jumlah siswa yang mencapai ketuntasan dalam belajar adalah sebesar 53% Sedangkan pada siklus II sebanyak 30 orang yang mencapai KKM dengan persentase ketuntasan sebesar 100%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 500 Ilmu-ilmu Alam dan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Surya Elhadi
Date Deposited: 25 Feb 2016 04:17
Last Modified: 25 Feb 2016 04:17
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/2705

Actions (login required)

View Item View Item