Pengaruh Penerapan Pembelajaran Matematika Realistik Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP Negeri 1 Kampar

Yanestia Uswatun, (2012) Pengaruh Penerapan Pembelajaran Matematika Realistik Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP Negeri 1 Kampar. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIEF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
2012_2012583.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan Pembelajaran Matematika Realistik berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa SMP Negeri 1 Kampar pada pokok Bahasan Bangun Ruang. Dalam penelitian ini rumusan masalahnya adalah“Apakah penerapan Pembelajaran Matematika Realistik berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa SMP Negeri 1 Kampar pada pokok Bahasan Bangun Ruang? dan Berapa besar pengaruh penerapan Pembelajaran Matematika Realistik terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa SMP Negeri 1 Kampar pada pokok bahasan Bangun Ruang ?” Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dan desain yang digunakan adalah Postest-only Design with Nonequivalent Group, di penelitian ini peneliti berperan observer. Dalam penelitian ini Pembelajaran matematika Realistik merupakan variabel X dan pembelajaran Konvensional merupakan variabel Y. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Negeri 1 Kampar yang berjumlah 878 orang dan sampel yang digunakan adalah kelas VIIIA sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIIB sebagai kelas kontol. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Negari 1 Kampar dan objeknya adalah kemampuan pemecahan masalah matematika yang menggunakan Pembelajaran Matematika Realistik dan kemampuan pemecahan masalah matematika yang menggunakan pembelajaran Konvensional. Teknik pengumpulan datanya berupa observasi dan tes yang dilakukan pada pertemuan ke lima setelah pertemuan pembelejaran selesai. Data inilah yang diolah menggunakan rumus tes-t dan diperoleh nilai thitung sebesar 5,329 dengan nilai ttabel sebesar 2,00 pada taraf signifikan α = 0,05 yang mana nilai thitung yang diperoleh dari perhitungan lebih besar dari ttabel, maka Ha diterima. Berdasarkan hasil analisis data tersebut, diambil kesimpulan bahwa terdapat pengaruh penerapan Pembelajaran Matematika Realistik terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa SMP Negeri 1 Kampar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 500 Ilmu-ilmu Alam dan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Surya Elhadi
Date Deposited: 25 Feb 2016 04:13
Last Modified: 25 Feb 2016 04:13
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/2704

Actions (login required)

View Item View Item