PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN SIKLUS (LEARNING CYCLE) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS VII MTs-TI BATU BELAH KABUPATEN KAMPAR

VIVI ELFIRA, (2012) PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN SIKLUS (LEARNING CYCLE) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS VII MTs-TI BATU BELAH KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIEF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
2012_2012557.pdf

Download (529kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Siklus (Learning Cycle) terhadap pemahaman konsep matematika siswa MTs-TI Batu Belah Kabupaten Kampar dan mengetahui berapa besar pengaruh penerapan Strategi Pembelajaran Siklus (Learning Cycle) terhadap pemahaman konsep matematika siswa. Dalam penelitian ini rumusan masalahnya adalah “Apakah terdapat pengaruh penerapan Strategi Pembelajaran Siklus (learning cycle) terhadap pemahaman konsep matematika siswa MTs-TI Batu Belah Kampar?”, dan “berapa besar pengaruh Strategi Pembelajaran Siklus (Learning Cycle) terhadap pemahaman konsep matematika siswa MTs-TI Batu Belah Kabupaten Kampar?”. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen, dimana variabel penelitian tidak memungkinkan untuk dikontrol secara penuh. Dalam penelitian ini, peneliti berperan langsung sebagai guru dalam proses pembelajaran. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas dan siswa kelas MTs-TI Batu Belah Kabupaten Kampar yang berjumlah 33 orang dan objek penelitian ini adalah pemahaman konsep matematika siswa. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan dokumentasi, lembar observasi, dan tes. Dalam penelitian ini, pertemuan dilaksanakan selama enam kali, yaitu lima kali pertemuan dengan Strategi Pembelajaran Siklus (Learning Cycle) dan satu pertemuan lagi dilaksanakan postes. Untuk mengetahui hasil penelitian tersebut digunakan rumus tes-t. Untuk mengetahui berapa besar pengaruh penerapan Strategi Pembelajaran Siklus (Learning Cycle) terhadap pemahaman konsep matematika siswa kelas VII MTs-TI Batu Belah Kampar yaitu menggunakan rumus Kp (Koefisien Penentu). Berdasarkan hasil analisis data tersebut, diambil kesimpulan bahwa terdapat pengaruh penerapan Strategi Pembelajaran Siklus (Learning Cycle) terhadap pemahaman konsep matematika siswa. Hal ini dilihat dari adanya perbedaan antara pemahaman konsep matematika kelas eksperimen dan kelas kontrol, dan adanya besar pengaruh penerapan Strategi Pembelajaran Siklus (Learning Cycle) terhadap pemahaman konsep matematika siswa pada kelas eksperimen sebesar 23%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 500 Ilmu-ilmu Alam dan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Surya Elhadi
Date Deposited: 25 Feb 2016 04:08
Last Modified: 25 Feb 2016 04:08
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/2702

Actions (login required)

View Item View Item