Perbandingan Hasil Belajar Matematika Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Dan Jigsaw Pada Siswa Kelas VII SMP Swasta Karya Indah Tapung

REZKI RAHMAWATI, (2012) Perbandingan Hasil Belajar Matematika Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Dan Jigsaw Pada Siswa Kelas VII SMP Swasta Karya Indah Tapung. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIEF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
2012_2012549.pdf

Download (386kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan hasil belajar matematika materi Pokok Bangun Datar antara siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) dan Tipe Jigsaw pada siswa kelas VII SMP Swasta Karya Indah Tapung. Penelitian ini termasuk penelitian lapangan, dengan metode yang digunakan adalah kausal komparatif. Sampel penelitian ini adalah kelompok eksperimen 1 (NHT) dari kelas VIIA sebanyak 24 siswa dan kelompok eksperimen 2 (Jigsaw) dari kelas VIIB sebanyak 24 siswa. Jadi banyaknya sampel seluruhnya adalah 48 siswa. Pengambilan data dalam penelitian ini mengunakan metode observasi, dokumentasi dan tes. Peneliti memberikan tes yang sama kepada kedua kelas. Tes yang sama bertujuan untuk mengumpulkan data hasil belajar matematika siswa pada materi pokok Bangun Datar kelas eksperimen 1 dan kelas eksperimen 2. Data yang terkumpul dari hasil tes dianalisis dengan menggunakan analisis uji t-test. Berdasarkan hasil analisis data, dapat diambil kesimpulan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan Jigsaw.model pembelajaran tipe Jigsaw lebih baik dari model pembelajaran kooperatif tipe NHT. Hal ini terlihat dari perbedaan nilai rata-rata hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 500 Ilmu-ilmu Alam dan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Surya Elhadi
Date Deposited: 25 Feb 2016 03:54
Last Modified: 25 Feb 2016 03:54
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/2698

Actions (login required)

View Item View Item