Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Strategi Humas Dalam Meningkatkan Mutu Layanan Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Rokan Hulu

RIKA NOFRIANI, - (2020) Strategi Humas Dalam Meningkatkan Mutu Layanan Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Rokan Hulu. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img] Text
RIKA NOFRIANI.pdf

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK 6 Nama : Rika Nofriani Jurusan : Ilmu Komunikasi Judul : Strategi Humas Dalam Meningkatkan Mutu Layanan Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Rokan Hulu Saat ini rumah sakit banyak didirikan di Provinsi Riau, baik itu milik pemerintah maupun swasta. Di daerah Kabupaten Rokan Hulu khususnya pada tahun 2017 banyaknya rumah sakit berjumlah 1 unit milik pemerintah dan 3 unit milik swasta. Dengan jumlah masyarakat dan rumah sakit yang ada pada Kabupaten Rokan Hulu berjumlah 4 unit akan menimbulkan persaingan sesama rumah sakit untuk mendapatkan pasiennya. Persaingan yang semakin ketat ini akan menuntut sebuah lembaga penyedian jasa atau layanan untuk selalu memanjakan pelanggan dan memberikan pelayanan terbaik. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui strategi humas dalam meningkatkan mutu layanan Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Rokan Hulu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif yaitu menggambarkan dan menjelaskan permasalahan yang diteliti. Teknik pengumpulan data yang digunakan dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini yaitu humas yang berada pada Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Rokan Hulu mempunyai dua kasi pertama kasi humas dan pemasaran, kedua kasi sumber daya manusia. Humas memiliki fungsi untuk mempromosi dan memasarkan Rumah Sakit. Sedangkan untuk layanan sendiri, itu terdapat pada bidang pelayanan. Bidang pelayanan ini membuka dua pintu untuk berobat yaitu pintu gawat darurat dan rawat jalan. Untuk memudahkan pasien dalam mengantri berobat, bidang pelayanan membuka pendaftaran online. Dengan adanya pendaftaran online membuat pasien terkhususnya lansia tidak terlalu lama mengantri. Sedangkan fungsi humas di rumah sakit ini, membangun dengan membuat program yaitu penyuluhan, kuesioner, melayani pihak ketiga, kliping koran RSUD, kerja sama dengan capil pembuatan akte kelahiran, penyiapan bahan publikasi, melaksanakan promosi rumah sakit dan mengadakan promosi pemasaran. Kata Kunci : Strategi Humas, Humas, Mutu layanan Rumah Sakit

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 360 Permasalahan dan Kesejahteraan Sosial > 362 Kesejahteraan Sosial, Permasalahan dan Layanan Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 03 Jun 2020 07:31
Last Modified: 03 Jun 2020 07:31
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/26950

Actions (login required)

View Item View Item