PENGARUH METODE BELAJAR AKTIF TIPE GROUP TO GROUP EXCHANGE TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA MTs DARUL HIKMAHPEKANBARU

SARI MARLINA, (2012) PENGARUH METODE BELAJAR AKTIF TIPE GROUP TO GROUP EXCHANGE TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA MTs DARUL HIKMAHPEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIEF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
2012_2012535.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yang masih rendah dan pasifnya siswa dalam proses pembelajaran. Kemampuan pemahaman konsep yang baik sangatlah penting karena memahami konsep yang baru diperlukan prasyarat pemahaman konsep sebelumnya.Dalam hal ini penulis melakukan penelitian yang berjudul Pengaruh Metode Belajar Aktif tipe Group to Group Exchange Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa MTs Darul Hikmah Pekanbaru. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah ada pengaruh metode belajar aktif tipe group to group exchange terhadap pemahaman konsep matematika siswa MTs Darul Hikmah Pekanbaru?dan Berapa besar pengaruh metode belajar aktif tipe group to group exchange terhadap pemahaman konsep matematika siswa?” Tujuan penelitian ini untuk mengetahuiadaatautidaknya pengaruh metode belajar aktif tipe group to group exchange terhadap pemahaman konsep matematika dan berapa besar pengaruhnya. Dimana penelitian ini merupakan penelitian QuasiEksperimendandesain yang digunakanadalahPosttest-onlyDesign with Nonequivalent Group. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs Darul Hikmah Pekanbaru yang berjumlah 62 orang dan objek penelitian ini adalah pemahaman konsep matematika.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, observasi dan tes. Observasi dilakukan sebanyak 5 kali pertemuan dengan penerapan metode belajar aktif tipe Group to Group Exchange. Pada akhir pembelajaran, kedua kelas sampel diberi tes yang memuat indikator kemampuan pemahaman konsep matematika. Dari analisis data yang dilakukan dengan penerapan metode belajar aktif tipe Group to Group Exchange diperoleh nilai to = 3.97 yang berarti lebih besar dari tt (to> tt) baik pada taraf signifikan 5% maupun 1% yaitu (2.00 < 3.97 > 2.65) sehingga hipotesis nihil ditolak dan hipotesis alternatif diterima. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh antara metode belajar aktif tipe Group to Group Exchange terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 500 Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Surya Elhadi
Date Deposited: 25 Feb 2016 03:01
Last Modified: 25 Feb 2016 03:01
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/2687

Actions (login required)

View Item View Item