Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH VARIASI PRODUK TERHADAP COSTUMER LOYALTY DITINJAU MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (STUDI PADA PT. ROTTE RAGAM RASA DI PEKANBARU)

Puspita Disti Anggraini Sejati, - (2020) PENGARUH VARIASI PRODUK TERHADAP COSTUMER LOYALTY DITINJAU MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (STUDI PADA PT. ROTTE RAGAM RASA DI PEKANBARU). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (804kB)
[img] Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf

Download (6MB)

Abstract

Puspita Disti Anggraini Sejati, (2020): Pengaruh Variasi Produk terhadap Costumer Loyalty Ditinjau Menurut Perspektif Ekonomi Islam (Studi Pada PT. Rotte Ragam Rasa di Pekanbaru) Semakin ketatnya persaingan di dunia bisnis menjadikan para produsen berfikir keras bagaimana cara untuk mempertahakan konsumen agar tetap loyal terhadap produk yang dijualnya, maka salah satu strategi yang dilakukan adalah dengan memvariasikan produk yang dijualnya guna untuk dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan para konsumennya, hal ini tentunya diharapkan oleh para produsen untuk tetap mempertahankan bisnisnya di tengah persaingan pangsa pasar yang semakin ketat antar sesama produsen. Namun ternyata hal tersebut belum menjadikan pendapatan yang diterima oleh PT. Rotte Ragam Rasa mengalami peningkatan secara terus-menerus, adakalanya pendapatan yang diterima dari tahun ke tahun ketahui mengalami fluktuasi (naik turun). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh variasi produk terhadap costumer loyalty di PT. Rotte Ragam Rasa dan bagaimana tinjauan ekonomi Islam tentang pengaruh variasi produk terhadap costumer loyalty tersebut. Penelitian ini dilakukan di PT. Rotte Ragam Rasa Jalan Bukit Barisan, Pekanbaru. Dengan metode Non Probability Sampling dibantu dengan teknik prosedur pencarian responden dengan teknik accidental sampling. Sampel dalam penelitian ini berjumalah 96 orang dengan menggunakan rumus kemudahan. Teknik pengumpulan data melalui observasi, kuesioner dan dokumentasi Selanjutnya penulis menganalisa data dengan menggunakan metode kuantitatif, yaitu menggunakan regresi linear sederhana dengan uji regresi linear sederhana. Berdasarkan penelitian dan pembahasannya diperoleh hasil persamaan regresi Y = 5,321 + 0,350X dapat disimpulkan bahwa pelayanan memiliki pengaruh yang positif terhadap kepuasan konsumen pada PT. Rotte Ragam Rasa Jalan Bukit Barisan, Pekanbaru. Hasil uji t menunjukkan variasi produk memiliki pengaruh yang signifikan terhadap costumer loyalty pada PT. Rotte Ragam Rasa Pekanbaru. Hal ini dapat dibuktikan dengan Diketahui nilai t hitung sebesar 13,517 > 1,98552, t tabel (1,98552) dan signifikansi 0,000 < 0,05. Dengan demikian, hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah Ho ditolak dan Ha diterima, diketahui bahwa terdapat pengaruh secara signifikan antara variasi produk terhadap costumer loyalty di PT. Rotte Ragam Rasa Jalan Bukit Barisan, Pekanbaru. Nilai koefisien determinasi model adalah 0,660. Artinya bahwa sumbangan pengaruh variabel variasi produk terhadap variabel costumer loyalty adalah 66%, sedangkan sisanya sebesar 34% perubahan nilai variabel dependen (costumer loyalty) dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak ada dalam penelitian ini. diketahui nilai R sebesar 0,813. Artinya adalah bahwa korelasi antara variabel independen (variasi produk) dengan variabel dependen (costumer loyalty) memiliki hubungan yang sangat kuat. Menurut tinjauan ekonomi Islam variasi produk yang dilakukan oleh PT. Rotte Ragam Rasa sudah baik dan sesuai dengan prinsip ekonomi Islam dikarenakan dalam variasi produk yang dilakukan PT. Rotte Ragam Rasa mampu meningkatkan loyalitas konsumen, sehingga PT. Rotte Ragam Rasa semakin disukai oleh konsumennya yang berdampak semakin stabil dan berkembangnya PT. Rotte Ragam Rasa sehingga dapat memberikan manfaat dari aspek ekonomi dan kesejahteraan hidup dunia dan akhirat. Kata Kunci : Variasi Produk, Costumer Loyalty

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 28 May 2020 01:33
Last Modified: 28 May 2020 01:34
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/26845

Actions (login required)

View Item View Item