Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH FAKTOR PRIBADI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK HELM PADA TOKO NADIA HELM JL. DURIAN PEKANBARU DITINJAU MENURUT EKONOMI SYARIAH

Apriyani, - (2020) PENGARUH FAKTOR PRIBADI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK HELM PADA TOKO NADIA HELM JL. DURIAN PEKANBARU DITINJAU MENURUT EKONOMI SYARIAH. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf

Download (8MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (926kB)

Abstract

Apriyani (2020): Pengaruh Faktor Pribadi terhadap Keputusan Pembelian Produk Helm pada Toko Nadia Helm Jl. Durian Pekanbaru Ditinjau Menurut Ekonomi Syariah Penelitian ini dilatarbelakangi oleh dimana Toko Nadia Helm yang berada di Jl. Durian Pekanbaru ini, memiliki produk helm yang cukup banyak dengan berbagai merek agar dapat memudahkan konsumen dalam memilih apa yang mereka suka dan yang mereka inginkan. Tetapi, walaupun dengan banyaknya produk helm tersebut tidak kemungkinan bahwa pembelian di Toko Nadia Helm mengalami penurunan terutama pada tahun 2018. Awalnya Toko Nadia Helm memiliki banyak pelanggan atau konsumen dengan jumlah pembelian yang dibilang cukup memuaskan, namun fenomena dijumpai lambat laun jumlah pembelian yang ada pada Toko Nadia Helm ini terus menurun. Dengan pembelian yang mengalami penurunan tersebut, Toko Nadia Helm perlu memahami beberapa faktor yang berkaitan dengan pemasaran salah satunya faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian yaitu faktor pribadi. Maka dirumuskan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh faktor pribadi terhadap keputusan pembelian produk helm pada Toko Nadia Helm Jl. Durian Pekanbaru dan bagaimana tinjauan Ekonomi Syariah mengenai pengaruh faktor pribadi terhadap keputusan pembelian produk helm pada Toko Nadia Helm Jl. Durian Pekanbaru. Populasi dalam penelitian ini sudah diketahui jumlahnya maka penulis mengambil sampel dengan menggunakan rumus slovin, maka didapat sampel sebanyak 83 orang responden dengan teknik pengambilan sampel dengan cara accidental sampling. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, kuesioner, tinjauan pustaka dan dokumentasi. Penelitian merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan uji validitas, reliabilitas, asumsi klasik dan uji hipotesis penelitian dengan menggunakan SPSS Versi 22. Berdasarkan hasil uji regresi linier sederhana Y= 14,674+0,238X artinya apabila faktor pribadi ditingkatkan 1 satuan maka keputusan pembelian juga akan meningkat sebesar 0,238 dan (+) yang berarti bahwa faktor pribadi berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian. Dari hasil Uji T, terdapat pengaruh yang signifikan faktor pribadi terhadap keputusan pembelian produk helm pada Toko Nadia Helm Jl. Durian Pekanbaru. Hal ini dikarenakan nilai t_hitung > t_tabel yaitu 4,011 > 1,98969 dengan tingkat signifikan sebesar 0,000 < 0,05, yang berarti Ho ditolak dan Hа diterima dan hasil koefisien determinasi sebesar 0,166 yang memberikan arti bahwa pengaruh yang diberikan oleh faktor pribadi terhadap keputusan pembelian sebesar 16,6%. Sementara sisanya sebesar 83,4% perubahan nilai variabel dependen Y (keputusan pembelian) dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak ada dalam penelitian ini. Dalam tinjauan Ekonomi Syariah, bahwa perilaku konsumen telah sesuai dengan prinsip ekonomi syariah, dengan tidak berlebih-lebihan dalam membeli suatu produk helm dan konsumen yang membeli helm tersebut berhati-hati seperti mengetahui informasi terlebih dahulu. Kata Kunci: Faktor Pribadi, Keputusan Pembelian.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 27 May 2020 10:30
Last Modified: 27 May 2020 10:30
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/26844

Actions (login required)

View Item View Item