Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISIS LITERASI KEUANGAN TERHADAP PENGELOLAAN KEUANGAN PADA MASYARAKAT KECAMATAN KEUANTAN TENGAH KABUPATEN KUANTAN SINGINGI

Riki Aprio Naldo, - (2020) ANALISIS LITERASI KEUANGAN TERHADAP PENGELOLAAN KEUANGAN PADA MASYARAKAT KECAMATAN KEUANTAN TENGAH KABUPATEN KUANTAN SINGINGI. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text
GABUNGAN KECUALI BAB V.pdf

Download (2MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (791kB)

Abstract

ANALISIS LITERASI KEUANGAN TERHADAP PENGELOLAAN KEUANGAN PADA MASYARAKAT KECAMATAN KEUANTAN TENGAH KABUPATEN KUANTAN SINGINGI Oleh : RIKI APRIO NALDO 11671101958 Literasi keuangan merupakan rangkaian proses atau aktivitas untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan keyakinan, yang mempengaruhi sikap dan perilaku untuk meningkatkan kualitas pengambilan keputusan dalam rangka mencapai kesejahteraan. Literasi keuangan sangat diperlukan oleh masyarakat agar masyarakat mampu mengelola keuangan dengan lebih baik sehingga dapat mencapai kesejahteraan ekonominya .Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengetahuan keuangan, keterampilan keuangan, keyakinan/kepercayaan keuangan,sikap keuangan, dan perilaku keuangan untuk mendorong seseorang dalam menentukan tujuan keuangan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan dengan menggunakan analisis deskrifkif. Data yang digunakanan pada penelitian ini yakni data primer dengan menggunakan kuisioner kepada 100 sampel.. Hasil penelitian ini menunjukkan secara parsial pengetahuan keuangan,dan keterampilan keuangan tidak berpengaruh dan tidak signifikan terhadap pengelolaan keuangan, kepercayaan / keyakinan keuangan, Sikap Keuangan, dan Perilaku keuangan berpengaruh positif dan signifikan terhadap pengelolaan keuangan. Hasil pengujian secara Simultan Pengetahuan Keuangan, Keterampilan Keuangan, Kepercayaan / Keyakinan Keuangan, Sikap Keuangan, dan Perilaku Keuangan memiliki pengaruh Positif dan Signifikan terhadap pengelolaan Keuangan. Koefisien Determinasi (R2) dengan nilai 0,669 atau 66,9% yang menunjukkan bahwa Pengelolaan keuangan dipengaruh oleh Pengetahuan Keuangan, Keterampilan Keuangan, Keyakinan / Kepercayaan Keuangan, Sikap keuangan, dan Perilaku Keuangan secara simultan adalah sebesar 66,9%, sementara sisanya 33,1% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak digunakan dalam penelitian ini Kata Kunci: Pengetahuan Keuangan, Keterampilan Keuangan, Kepercayaan/ Keyakinan Keuangan, Sikap keuangan, Perilaku Keuangan, Pengelolaan Keuangan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 650 Bisnis > 658 Manajemen Umum
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Manajemen
Depositing User: fekon -
Date Deposited: 20 May 2020 12:05
Last Modified: 20 May 2020 12:05
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/26842

Actions (login required)

View Item View Item