PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN MASTER SISWA KELAS VIII MTs DARUL HIKMAH PEKANBARU

YULI RICANOVALESTINA, (2012) PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN MASTER SISWA KELAS VIII MTs DARUL HIKMAH PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIEF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
2012_2012526.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pembelajaran matematika dengan menggunakan pembelajaran MASTER dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa, dan untuk mengetahui apakah ada perbedaan pemahaman konsep antara siswa yang belajar menggunakan pembelajaran MASTER dengan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional di kelas VIII MTs Darul Hikmah Pekanbaru tahun ajaran 2011/2012. Dimana Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimen dan desain yang digunakan adalah Posttest-only Design with Nonequivalent Group. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII semester II MTs Darel Hikmah Pekanbaru Tahun Pelajaran 2011/2012 sebanyak 124 peserta didik yang terbagi dalam 4 kelas. Sampel penelitian ini adalah kelompok eksperimen dengan Model pembelajaran MASTER dari kelas VIII B1 sebanyak 31 siswa dan kelompok kontrol dengan pembelajaran konvensional dari kelas VIII B4 sebanyak 31 siswa. Jadi banyaknya sampel seluruhnya adalah 62 siswa diperoleh dengan cara sampling pertimbangan. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan dokumentasi, lembaran observasi yang dilakukan setiap kali pertemuan dan tes setelah model pembelajaran MASTER. Dalam penelitian ini, pertemuan dilaksanakan selama lima kali yaitu empat kali pertemuan dengan menggunakan model pembelajaran MASTER dan satu pertemuan lagi dilaksanakan postes. Untuk mengetahui hasil penelitian tersebut peneliti menghitung sendiri datanya secara manual. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah tes”t” untuk sampel besar (N≥ 30) yang tidak berkolerasi. Dari analisis data yang dilakukan dengan model pembelajaran MASTER diperoleh nilai to = 2,67 yang berarti lebih besar dari tt (to> tt) baik pada taraf signifikan 5% maupun 1% yaitu (2,00 < 2,67 > 2,65) sehingga hipotesis nihil ditolak dan hipotesis alternatif diterima. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa pembelajaran matematika dengan menggunakan pembelajaran MASTER dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa, dan terdapat perbedaan pemahaman konsep antara siswa yang belajar menggunakan pembelajaran MASTER dengan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional pada materi garis singgung lingkaran. Ini dapat dilihat dari perbedaan mean kedua variabel menunjukkan kelas eksperimen dengan pembelajaran MASTER lebih baik dari kelas konvensional, dimana mean pemahaman konsep kelas yang menggunakan pembelajaran MASTER sebesar 75,75 dan mean pemahaman konsep kelas konvensional sebesar 67,35.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 500 Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 510 Matematika
500 Ilmu-ilmu Alam dan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Surya Elhadi
Date Deposited: 25 Feb 2016 02:52
Last Modified: 25 Feb 2016 02:53
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/2684

Actions (login required)

View Item View Item