Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGENALAN LINGKUNGAN SEKOLAH BAGI SISWA BARU DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 KAMPAR

WAHYU TRI PUTRA, - (2020) PENGENALAN LINGKUNGAN SEKOLAH BAGI SISWA BARU DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 KAMPAR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (725kB)
[img] Text
wahyu.pdf

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Wahyu Tri Putra (2020) : Pengenalan Lingkungan Sekolah Bagi siswa baru di Madrasah Aliyah Negeri 1 Kampar. Tujuandaripenelitianini adalah untuk mengetahui: cara pengenalan lingkungan sekolah bagi siswa baru di Madrasah Aliyah Negeri 1 Kampar. Jenis penelitian ini adalah penelitian Deskriptif kualitatif, Subjek penelitian ini adalah Kepala Madrasah, sedangkan objek penelitian ini adalah Pengenalan Lingkungan Sekolah Bagi Siswa Baru di Madrasah Aliyah Negeri 1 Kampar. Data penelitian dikumpulkan menggunakan teknik wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dengan menggunakan transkripsi, pengkodean, kategorisasi dan interpretasi data. Hasil dari penelitian ini adalah: a) Pengenalan lingkungan sekolah adalah kegiatan pertama masuk Sekolah untuk pengenalan program, sarana dan prasarana sekolah, cara belajar, penanaman konsep pengenalan diri, dan pembinaan awal kultur Sekolah. b) Pengenalan lingkungan sekolah bagi siswa baru dilaksanakan dalam jangka waktu paling lama 3 (tiga) hari pada minggu pertama awal tahun pelajaran. Pengenalan lingkungan sekolah dilaksanakan hanya pada hari sekolah dan jam pelajaran. Pengecualian terhadap jangka waktu pelaksanaan dapat diberikan kepada sekolah berasrama dengan terlebih dahulu melaporkan kepada dinas pendidikan Provinsi/Kabupaten/Kota sesuai dengan kewenangannya disertai dengan rincian kegiatan pengenalan lingkungan sekolah. c) Pengenalan lingkungan sekolah bertujuan untuk: Mengenali potensi diri siswa baru, membantu siswa baru beradaptasi dengan lingkungan sekolah dan sekitarnya, antara lain terhadap aspek keamanan, fasilitas umum, dan sarana prasarana sekolah, menumbuhkan motivasi, semangat, dan cara belajar efektif sebagai siswa baru, mengembangkan interaksi positif antarsiswa dan warga sekolah lainnya, menumbuhkan perilaku positif antara lain kejujuran, kemandirian, sikap saling menghargai, menghormatikeanekaragaman dan persatuan, kedisplinan,hidup bersih dan sehat untuk mewujudkan siswa yang memiliki nilai integritas, etos kerja, dan semangat gotong royong. d) Program harus bersifat pembelajaran, program yang biasa dilakukan untuk menambah pengetahuan siswa di lingkungan barunya. Kata Kunci: Pengenalan Lingkungan Sekolah Bagi siswa baru di Madrasah Aliyah Negeri 1 Kampar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.4 Bimbingan Siswa dan Penyuluhan, Konseling Sekolah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 20 May 2020 11:55
Last Modified: 20 May 2020 11:55
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/26826

Actions (login required)

View Item View Item