Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PERAN HUMAS DALAM PENERAPAN PROGRAM SISTEM INFORMASI MANAJEMEN NIKAH (SIMKAH) PADA KANTOR WILAYAH KEMENTERIAN AGAMA PROVINSI RIAU

FAJRI FEBRI YENNI, - (2020) PERAN HUMAS DALAM PENERAPAN PROGRAM SISTEM INFORMASI MANAJEMEN NIKAH (SIMKAH) PADA KANTOR WILAYAH KEMENTERIAN AGAMA PROVINSI RIAU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
fajri febri yani.pdf

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Nama : Fajri Febri Yenni Prodi : Ilmu Komunikasi Judul : Peran Humas Dalam Penerapan Program Sistem Informasi Manajemen Nikah (SIMKAH) Pada Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Riau. Sistem informasi Manajemen Nikah (SIMKAH) merupakan aplikasi komputer berbasis windows yang berkembang ke web berguna untuk mengumpulkan data-data nikah dari seluruh Kantor Urusan Agama (KUA) di wilayah Republik Indonesia secara “On-line” . Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Riau merupakan pemerintahan yang melakukan pembinaan dan pelayanan di bidang agama dan keagamaan. Dalam lembaga pemerintahan peran humas sangatlah penting untuk mengarah pada pemerintahan good govermance. yang dituntut untuk mulai mengembangkan dimensi keterbukaan informasi, mudah diakses, accountable dan transparant, agar dapat mendorong keterlibatan publik dengan menyediakan sistem komunikasi publik yang memungkinkan masyarakat mengetahui segala yang berkaitan dengan kebijakan pembangunan seperti dengan adanya penerapan program sistem informasi manajemen nikah (SIMKAH). Tujuan penelitian untuk mengetahui bagaimana Peran Humas dalam Penerapan Program Sistem Informasi Manajemen Nikah (SIMKAH) pada Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Riau dengan metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan datanya adalah wawancara, observasi dan dokumentasi dengan narasumber sebanyak empat informan. Penelitian ini menggunakan teori peran humas yang dikutip dari buku Rosady Ruslan. Temuan penelitian ini menghasilkan bahwa, Humas menjalankan peran yang cukup baik sebagai Communicator, Relationship, Back-Up Management dan Good Image Maker dalam penerapan program Sistem Informasi Manajemen Nikah (SIMKAH). Humas menjalankan tugasnya sesuai dengan peranan dan fungsinya walaupun dalam penyampaian informasi mengenai Sistem Informasi Manajemen Nikah (SIMKAH) masih belum memafaatkan media komunikasi yang variatif. Kata kunci: Peran, Humas Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Riau, Sistem Informasi Manajemen Nikah (SIMKAH).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 302 Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Komunikasi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 20 May 2020 13:55
Last Modified: 20 May 2020 13:55
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/26824

Actions (login required)

View Item View Item