IMPLEMENTASI PERATURAN DAERAH KABUPATEN KAMPAR NOMOR 9 TAHUN 2016 TENTANG PENYELENGGARAAN DAN PENERTIBAN PETERNAKAN SERTA KESEHATAN HEWAN DI DESA KOTO PERAMBAHAN KECAMATAN KAMPA

LILIS RAHMAWATI, - (2020) IMPLEMENTASI PERATURAN DAERAH KABUPATEN KAMPAR NOMOR 9 TAHUN 2016 TENTANG PENYELENGGARAAN DAN PENERTIBAN PETERNAKAN SERTA KESEHATAN HEWAN DI DESA KOTO PERAMBAHAN KECAMATAN KAMPA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (469kB)
[img] Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK LILIS RAHMAWATI: IMPLEMENTASI PERATURAN DAERAH KABUPATEN KAMPAR NOMOR 9 TAHUN 2016 TENTANG PENYELENGGARAAN DAN PENERTIBAN PETERNAKAN SERTA KESEHATAN HEWAN DI DESA KOTO PERAMBAHAN KECAMATAN KAMPA Penelitian ini dilatar belakangi oleh implementasi kebijakan yang belum berjalan secara efektif dan efisien dikarenakan segala syarat dan fator penentu implementasi kebijakan belum seluruhnya terpenuhi dalam menunjang pengimplementasian suatu kebijakan publik. Penyebab tidak maksimalnya implementasi suatu kebijakan adalah penafsiran tentang tujuan suatu kebijakan, sumber daya, konsistensi dan profesionalisme implementor. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana implementasi dan mengetahui apa saja faktor penghambat implementasi pada peraturan daerah kabupaten kampar no 9 tahun 2016 tentang peneyelenggaraan dan penertiban peternakan serta kesehatan hewan, salah satunya pasal 64 ayat (b) yang memberikan pengaturan dilarangnya melepas/mengembalakan hewan atau ternak pada perkarangan rumah, pertamanan, lokasi pariwisata, lapangan olahraga dan tempat-tempat lain yang menimbulkan kerusakan. Namun dibentuknya perda tersebut ternyata tidak mampu merubah kebiasaan sebagian peternak di Kabupaten Kampar terkhusus Desa Koto Perambahan, karena masih banyak hewan ternak yang bekeliaran di perkarangan rumah hingga lapangan olahraga yang menimbulkan kerusakan bahkan kerugian. Pada penulisan skripsi ini, penulis menggunakan jenis penelitian sosiologis dan menggunakan sumber data primer dengan menggunakan analisis kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan angket. Hasil penelitian ini menunjukan peraturan daerah kabupaten no 9 tahun 2016 tentang penyelenggaraan dan penertiban peternakan serta kesehatan hewan di desa koto perambahan terkhusus pasal 64 ayat (b) belum berjalan secara fektif dan belum terlaksana dengan optimal, hal ini dipicu oleh sanksi tidak sesuai dengan sebagaimana mestinya pemberian sanksi yang tertera dalam perda. Selanjutnya faktor penghambat implementasi perda tersebut yaitu komunikasi yang tidak maksimal dalam penyampaian kebijakan, kurangnya sosialisasi, tidak konsistennya implementor, disposisi sikap yang diberikan implementator terhadap pelanggar tidak tegas, sumberdaya manusia/personil yang dimiliki masih kurang, dan tidak tersedianya sarana dan prasaranan yang memadai dalam mengimplementasikan peraturan daerah tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum > 001 Ilmu Pengetahuan > 001.42 Metode Riset
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 21 May 2020 22:15
Last Modified: 21 May 2020 22:15
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/26799

Actions (login required)

View Item View Item