STRATEGI UPT PEMADAM KEBAKARAN (DAMKAR) DALAM MENANGGULANGI BENCANA KEBAKARAN HUTAN DAN LAHAN (Studi kasus: UPT Pemadam Kebakaran Duri Kecamatan Mandau Kabupaten Bengkalis)

SRI NURFITRIANI, - (2020) STRATEGI UPT PEMADAM KEBAKARAN (DAMKAR) DALAM MENANGGULANGI BENCANA KEBAKARAN HUTAN DAN LAHAN (Studi kasus: UPT Pemadam Kebakaran Duri Kecamatan Mandau Kabupaten Bengkalis). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text
Skripsi Sri Nurfitriani edit.pdf

Download (2MB)
[img] Text (BAB IV)
Skripsi BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (997kB) | Request a copy

Abstract

STRATEGI UPT PEMADAM KEBAKARAN (DAMKAR) DALAM MENANGGULANGI BENCANA KEBAKARAN HUTAN DAN LAHAN (Studi kasus: UPT Pemadam Kebakaran Duri Kecamatan Mandau Kabupaten Bengkalis) SRI NURFITRIANI 11675200329 ABSTRAK Penelitian ini dilaksanakan pada UPT Pemadam Kebakaran (DAMKAR) Kabupaten Bengkalis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi UPT DAMKAR dalam menanggulangi bencana kebakaran hutan dan lahan dan mengetahui kendala-kendala dalam penanggulangannya di wilayah Kota Duri. Pada penelitian ini indikator yang digunakan berdasarkan Peraturan Menteri Kehutanan No. P.12/Menhut-II/2009 dan buku panduan menurut Saharjo, Adinugroho memiliki 3 indikator yaitu Pencegahan, Pemadaman, dan Pasca Kebakaran. Adapun jenis penelitian ini menggunakan penelitian Deskriptif Kuantitatif dengan Analisis SWOT dan sumber data yang digunakan adalah data primer dan sekunder, kemudian teknik pengumpulan data yang digunakan dengan cara purposive sampling dimana melalui observasi, wawancara, kuisioner dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Informan penelitian ini adalah Kepala UPT serta Komandan Regu, Operator, Anggota Pemadam Kebakaran dan Masyarakat. Hasil penelitian ini strategi yang dilakukan belum sesuai dengan Peraturan Menteri dan panduan menurut Saharjo, Adinugroho tentang pengendalian kebakaran hutan dan lahan. Ini dibuktikan dengan adanya strategi yang belum dilakukan oleh UPT DAMKAR dan data kebakaran hutan dan lahan yang terjadi di wilayah Kota Duri seperti Kecamatan Mandau dan Kecamatan Bathin Solapan masih mengalami kenaikan. Kendala UPT DAMKAR yaitu kurang kesadaran masyarakat, jalur akses sulit dijangkau, terbatas sumber air, faktor cuaca, dan kurang fasilitas sarana dan prasarana, dan kurangnya anggota pemadam. Hasil dari Analisis SWOT UPT DAMKAR berada di posisi kuadran II dengan strategi Diversifikasi Strategi, serta titik koordinat (0,65 ; -0,05 ) dan hasil dari IFAS–Internal dan EFAS–External Kekuatan 2,33, Kelemahan 1,03, peluang 1,54, dan ancaman 1,64. Kata Kunci: Strategi, UPT Pemadam Kebakaran, Pencegahan, Pemadaman, Pasca Kebakaran, Analisis SWOT

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 350 Administrasi Negara, Ilmu Kemiliteran > 351 Administrasi Negara
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Administrasi Negara
Depositing User: fekon -
Date Deposited: 20 May 2020 02:25
Last Modified: 20 May 2020 02:25
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/26787

Actions (login required)

View Item View Item