Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Analisis Faktor-Faktor Pendukung Keberhasilan Badan Usaha Milik Desa (BUMDesa) Paris Mandiri Di Desa Parit 1 Api-Api Kecamatan Bandar Laksamana Kabupaten Bengkalis

Nurul Lovi Andini, - (2020) Analisis Faktor-Faktor Pendukung Keberhasilan Badan Usaha Milik Desa (BUMDesa) Paris Mandiri Di Desa Parit 1 Api-Api Kecamatan Bandar Laksamana Kabupaten Bengkalis. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text (BAB V)
file bab hasil penelitian (BAB V).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
file lengkap kecuali bab hasil penelitian (BAB V).pdf

Download (3MB)

Abstract

Pemerintah Desa Parit 1 Api-Api membentuk BUMDesa Paris Mandiri sebagai penggerak perekonomian masyarakat melalui potensi desa yang ada. Tujuan dalam penelitian ini pencapaian tujuan Kelembagaan BUMDesa Paris Mandiri diDesa Parit 1 Api-Api Kecamatan Bandar Laksamana Kabupaten Bengkalis dan Untuk mengetahui Faktor-faktor Pendukung keberhasilan BUMDesa Paris Mandiri diDesa Parit 1 Api-Api Kecamatan Bandar Laksamana Kabupaten Bengkalis. Penelitian ini menggunakan teori Konsep Desa Membangun dan Desa Mandiri, pembangunan Desa, pemberdayaan, Badan Usaha Milik Desa (BUMDesa), faktor-faktor keberhasilan BUMDesa, organisai dan efektivitas organisasi serta konsep Islam tentang mencapai kesuksesan kerja atau tugas bagi Manusia. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pencapaian Tujuan Badan Usaha Milik Desa (BUMDesa) Paris Mandiri dalam pembangunan dan pemberdayaan desa telah berkontribusi pada pergerakan ekonomi masyarakat desa dan dapat mensejahterakan masyarakat desa terutama dalam hal meningkatkan usaha masyarakat, meningkatkan pelayanan umum melalui distribusi permodalan, meningkatkan pendapatan masyarakat, dan berkontribusi terhadap Pendapatan Asli Desa (PADes), adapun faktor-faktor yan mendukungnya berasal dari faktor sumber daya alam yang mana BUMDesa Paris Mandiri telah mampu mengelola potensi sumber daya alamnya, faktor finansial BUMDesa mendapat dukungan dari pemerintah, yakni dari program pemberdayaan Desa (PPD) Provinsi Riau dan Pengalokasian Dana Desa (DD) dari Pemerintah pusat (APBN) melalui penyertaan modal APBDes, faktor sumber daya manusia yakni pengelola BUMDesa yang cukup berkualitas, faktor sosial yakni dukungan dan partisipasi dari masyarakat desa Parit 1 Api-Api, serta faktor kepemimpinan yang peduli terhadp BUMDesa untuk menerapkan Pengelolaan BUMDesa yang transparan dan akuntabel.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Administrasi Negara
Depositing User: fekon -
Date Deposited: 18 May 2020 09:51
Last Modified: 18 May 2020 09:51
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/26723

Actions (login required)

View Item View Item