Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

NILAI OVERRUN, KECEPATAN LELEH DAN KADAR BETAKAROTEN ES KRIM SUSU SAPI DENGAN PENAMBAHAN PURE LABU KUNING (Cucurbita moschata)

Oktafila Anugrah, - (2020) NILAI OVERRUN, KECEPATAN LELEH DAN KADAR BETAKAROTEN ES KRIM SUSU SAPI DENGAN PENAMBAHAN PURE LABU KUNING (Cucurbita moschata). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf

Download (4MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (238kB)

Abstract

Es krim adalah salah satu produk olahan yang terbuat dari susu. Es krim salah satu makanan yang popular karena selain rasanya bervarian dan enak juga disukai semua kalangan. Komposisi es krim terdiri dari lemak susu, bahan kering tanpa lemak, pemanis, penstabil, pengemulsi serta flavor. Salah satu alternatif sumber padatan tanpa lemak adalah penambahan pure labu kuning. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sifat fisikokimia es krim susu sapi yang ditambahkan puree labu kuning (Curcubita moschata) yang meliputi overrun, kecepatan leleh dan kadar betakaroten. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 4 perlakuan dan 4 ulangan dimana perlakuan dalam penelitian adalah penambahan puree labu kuning dengan konsentrasi yang berbeda dalam es krim susu sapi. Peubah yang diamati dalam penelitian ini adalah overrun¸kecepatan leleh dan betakaroten. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penambahan pure labu kuning dengan konsentrasi yang berbeda meningkatkan nilai overrun, kecepatan leleh dan betakaroten es krim. Hasil penelitian berturut-turut adalah 18,72-21,47%;19,81-22,44 menit dan 1150,35-2105,06 µg/100g. Perlakuan terbaik adalah perlakuan P3 (22,5%). Kata Kunci : es krim, pure labu kuning, overrun, kecepatan leleh dan betakaroten.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Pertanian dan Peternakan > Peternakan
Depositing User: fapertapet -
Date Deposited: 18 May 2020 09:40
Last Modified: 18 May 2020 09:40
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/26717

Actions (login required)

View Item View Item