Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

IMPLEMENTASI PROGRAM CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY PT. CHEVRON PASIFIC INDONESIA KEPADA MASYARAKAT KELURAHAN MINAS BARAT KECAMATAN MINAS KABUPATEN SIAK

DESI AGUSTINA, - (2020) IMPLEMENTASI PROGRAM CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY PT. CHEVRON PASIFIC INDONESIA KEPADA MASYARAKAT KELURAHAN MINAS BARAT KECAMATAN MINAS KABUPATEN SIAK. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
DESI AGUSTINA.pdf

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK PT Chevron Pasific Indonesia merupakan salah satu perusahaan terbesar di Indonesia. Agar dapat mempertahankan eksistensinya, PT. CPI harus mampu beradaptasi dengan lingkungan sekitar. PT. Chevron Corp yang memulai usahanya di Sumatera lebih dari delapan puluh tahun yang lalu sehingga sudah menjadi suatu keharusan bagi PT. CPI untuk menerapkan CSR atau yang telah berganti nama menjadi Social Investment. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi Program CSR PT. CPI Minas Kepada Masyarakat Kelurahan Minas Barat Kecamatan Minas Kabupaten Siak. Jenis Penelitian ini termasuk Penelitian Kualitatif dengan pendekatan Deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan pendekatan indepth interview (wawancara mendalam), observasi serta dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisis data dilakukan melalui tahap reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah : 1) terdapat 4 tema dalam Program Social Investment PT. CPI yaitu pemberdayaan ekonomi, kesehatan, pendidikan dan lingkungan yang mana dari ke empat tema tersebut, yang paling ditekankan adalah pembangunan kapasitas manusia dan pemberdayaan ekonomi masyarakat; 2) Pentingnya peran stakeholder dalam menjalankan program Social Investment serta memberikan pelatihan kepada masyarakat yang berada disekitar perusahaan; 3) Memonitoring hasil program Social Investment yang telah dijalankan agar perusahaan dapat menjalin hubungan yang lebih akrab dengan masyarakat. Berdasarkan hasil penelitian yang dipaparkan di atas, mengenai hubungan perusahaan dengan masyarakat pada saat ini, PT. CPI telah memiliki hubungan baik dengan masyarakat. Secara umum, program yang telah dijalankan oleh perusahaan mendapatkan dukungan dan respon yang baik oleh masyarakat. Karena melalui program-program ini banyak manfaat yang diterima oleh masyarakat. Kata Kunci: Implementasi, Corporate Social Responsibility (CSR), PT. Chevron Pasific Indonesia (CPI)

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 302 Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 18 May 2020 12:40
Last Modified: 18 May 2020 12:41
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/26675

Actions (login required)

View Item View Item