PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN POINT OF VIEW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS IV SDN 010 SIABU KECAMATAN SALO KABUPATEN KAMPAR

ERNA LISTAWATI, (2013) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN POINT OF VIEW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS IV SDN 010 SIABU KECAMATAN SALO KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2013_ 2013995PGMI.pdf

Download (394kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan di SDN 105 Pekanbaru, Penulis menemukan gejala-gejala yang menunjukkan rendahnya hasil belajar siswa, diantaranya: Nilai yang diperoleh siswa tidak mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Hal ini terlihat dari 42 siswa hampir 80% siswa atau 34 siswa belum mendapatkan ketuntasan dalam belajar. Nilai KKM yang ditetapkan sekolah yakni 68. Siswa terkesan sulit memahami materi yang disampaikan oleh guru di kelas, hal ini terlihat bahwa lebih dari 70% siswa memiliki nilai tugas yang rendah. Dalam proses pembelajaran, siswa jarang menjawab pertanyaan yang diberikan oleh gurunya apalagi bertanya. Hal tersebut terlihat ketika sesi Tanya jawab, dimana dari 42 orang siswa hanya 12 orang saja atau sebesar 29% yang bisa menjawab dan itupun hanya siswa tertentu saja, sedangkan sisanya yaitu 30 orang atau 71% lebih banyak diam ketika ditanya guru, atau disuruh bertanya Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN 105 Pekanbaru melalui penerapan teknik roda keberuntungan. Penelitian dilakukan dalam dua siklus dan tiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Agar penelitian tindakan kelas ini berhasil dengan baik tanpa hambatan yang mengganggu kelancaran penelitian, peneliti menyusun tahapan-tahapan yang dilalui dalam penelitian tindakan kelas, yaitu: 1) Perencanaan/persiapan tindakan, 2) Pelaksanaan tindakan, 3) Observasi, dan 4) Refleksi. Sebagai subjek dalam penelitian ini adalah siswa di Kelas IV SDN 105 Pekanbaru yang berjumlah sebanyak 42 orang siswa. Sedangkan yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah Teknik Roda Keberuntungan. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan seperti disampaikan pada bab IV dapat disimpulkan bahwa penerapan teknik roda keberuntungan dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika materi bilangan bulat di kelas IV SDN 105 Pekanbaru. Hasil belajar siswa sebelum dilaksanakan teknik roda keberuntungan pada siklus I mendapatkan persentase 55% dengan kategori cukup dan pada siklus II mendapatkan persentase 90% dengan ketegori baik. Aktivitas guru pada siklus I pertemuan 1 sebesar 58% dengan kategori cukup, pada pertemuan 2 sebesar 65% dengan kategori “cukup” dan siklus II pertemuan 1 sebesar 73% dengan kategori “baik” pada pertemuan 2 sebesar 87% dengan kategori “baik sekali” berdasarkan hasil tersebut terjadi peningkatan dari siklus I ke siklus II. Aktivitas siswa siklus I pertemuan 1 sebesar 58% dengan kategori cukup, pada pertemuan 2 sebesar 64% dengan kategori “cukup”, siklus II pertemuan 1 sebesar 75% dengan kategori baik dan pada pertemuan 2 sebesar 82% dengan kategori “baik sekali”.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Surya Elhadi
Date Deposited: 27 Apr 2016 05:49
Last Modified: 08 Sep 2016 07:02
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/2663

Actions (login required)

View Item View Item