PERAN DINAS PARIWISATA DAN KEBUDAYAAN KABUPATEN ROKAN HULU DALAM MEMBINA KELOMPOK SADAR WISATA (POKDARWIS) THE CARETAKER (STUDI KASUS: PENGEMBANGAN OBJEK WISATA SULIGI HILL)

ANGGUN PANGESTUTI, ANGGUN (2020) PERAN DINAS PARIWISATA DAN KEBUDAYAAN KABUPATEN ROKAN HULU DALAM MEMBINA KELOMPOK SADAR WISATA (POKDARWIS) THE CARETAKER (STUDI KASUS: PENGEMBANGAN OBJEK WISATA SULIGI HILL). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text
SELURUH FILE KECUALI PEMBAHASAN.pdf

Download (5MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V OKEE.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (693kB)

Abstract

ABSTRAK Peran Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Rokan Hulu Dalam Membina Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) The Caretaker (Studi Kasus: Pengembangan Objek Wisata Suligi Hill) Oleh : ANGGUN PANGESTUTI 11675201398 Rokan Hulu merupakan salah satu Kabupaten yang berada di Provinsi Riau yang memiliki potensi di bidang Pariwisata yang menjanjikan. Dengan begitu banyaknya objek wisata yang ada di Rokan Hulu peranan dari Pemerintah Daerah dalam hal ini Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Rokan Hulu sangat diperlukan dalam membina Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) yang ada di Rokan Hulu sebagai SDM kepariwisataan yang membantu pemerintah untuk mengelola dan mengembangan objek wisata yang berada di daerah mereka, termasuklah Pokdarwis The Caretaker yang turut mengelola dan mengembangkan Objek Wisata Suligi Hill. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui peran Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Rokan Hulu dalam membina Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) The Caretaker ( studi kasus: pengembangan Objek Wisata Suligi Hill), serta kendala apa saja yang dihadapinya. Dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan analisis data kualitatif. Teknik pengumpulan data yang peneliti gunakan yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Key informan dalam penelitian ini berjumlah 9 orang. Dalam penelitian ini berdasarkan indikator peran pemerintah sebagai motivator, fasilitator dan stimulator sudah berjalan dengan baik, namun dalam pelaksanaannya masih kurang optimal dan masih terdapat beberapa kendala seperti sarana dan prasarana, anggaran dan sumberdaya manusia yang mengelolanya. Dalam pengembangan Objek Wisata Suligi Hill ini belum adanya peran serta atau kerjasama dengan pihak swasta, sehingga pengembangan Objek Wisata Suligi Hill ini masih belum maksimal. Kata Kunci: Peran, Pengembangan, Pariwisata

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 350 Administrasi Negara, Ilmu Kemiliteran > 351 Administrasi Negara
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Administrasi Negara
Depositing User: fekon -
Date Deposited: 13 May 2020 15:03
Last Modified: 13 May 2020 15:03
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/26601

Actions (login required)

View Item View Item