Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PELAKSANAAN PERATURAN WALIKOTA PEKANBARU NOMOR 39 TAHUN 2014 TENTANG KAWASAN TANPA ROKOK TERHADAP PELARANGAN IKLAN ROKOK DI KOTA PEKANBARU

Siska Daniswari, - (2020) PELAKSANAAN PERATURAN WALIKOTA PEKANBARU NOMOR 39 TAHUN 2014 TENTANG KAWASAN TANPA ROKOK TERHADAP PELARANGAN IKLAN ROKOK DI KOTA PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text
GABUNGAN SKRIPSI KECUALI BAB IV.pdf

Download (7MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (453kB)

Abstract

Iklan adalah media dalam bentuk apapun yang digunakan produsen untuk memperkenalkan suatu produk ke khalayak umum. Reklame adalah benda, alat, perbuatan atau media yang bentuk corak dan ragamnya dirancang untuk tujuan komersial, memperkenalkan, menganjurkan, mempromosikan, atau untuk menarik perhatian umum terhadap barang, jasa, orang, atau badan, yang dapat dilihat, dibaca, didengar, dirasakan, dan atau dinikmati oleh umum, kecuali yang dilakukan oleh pemerintah pusat dan/atau pemerintah daerah. Sesuai dengan Peraturan Walikota Kota Pekanbaru nomor 39 tahun 2014 tentang Kawasan Tanpa Rokok menyatakan bahwa Kawasan Tanpa Rokok atau disingkat dengan KTR, adalah ruangan atau area yang dinyatakan dilarang untuk kegiatan merokok atau kegiatan memproduksi, menjual, mengiklankan, dan/atau mempromosikan produk tembakau. Instansi pemerintah yang berwenang dalam penyelenggaraan reklame dipekanbaru yaitu Dinas Pendapatan Daerah Kota Pekanbaru bidang pendataan dan penetapan. Namun, pada temuan dilapangan masih banyak dijumpai indikasi baik dalam bentuk sponsor, promosi dan iklan produk rokok di Kawasan Tanpa Rokok yang sudah ditetapkan didalam peraturan perundang-undangan. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan peraturan walikota Pekanbaru nomor 39 tahun 2014 tentang kawasan tanpa rokok terhadap pelarangan iklan rokok di kota Pekanbaru dan faktor yang mempengaruhi pelaksanaan peraturan Walikota Pekanbaru Nomor 39 tahun 2014 tentang Kawasan Tanpa Rokok di Kota Pekanbaru. Sedangkan penulisan skripsi ini menggunakan jenis penelitian sosiologis dan menggunakan sumber data primer dan sekunder dengan melakukan analisis kualitatif Penelitian ini memperoleh hasil bahwa dalam pelaksanaan peraturan walikota terhadap pelarangan penayangan iklan rokok di kota Pekanbaru masih ada dilakukan walaupun telah dinyatakan dalam pasal 7 ayat (2) peraturan walikota Pekanbaru nomor 39 tahun 2014 tentang kawasan tanpa rokok. Hal ini berdasarkan riset yang dilakukan dijumpai iklan-iklan rokok yang masih ditayangkan dan dijumpai dengan adanya daftar beberapa perusahaan rokok yang sebagai salah satu mengisi periklanan dimedia periklanan yang ada di Pekanbaru. Faktor yang mempengaruhi pelaksanaan Peraturan Walikota Pekanbaru Nomor 39 tahun 2014 tentang kawasan tanpa rokok dikarenakan kurang intensifnya sosialisasi peraturan walikota Pekanbaru Nomor 39 Tahun 2014 tentang Kawasan Tanpa Rokok kepada perusahaan rokok terhadap periklanan rokok, lemahnya dalam pengawasan dan perizinan terhadap iklan yang akan ditayangkan di kota Pekanbaru, kesadaran serta pengabaian vendor perusahaan rokok terhadap peraturan walikota Pekanbaru Nomor 39 Tahun 2014 tentang Kawasan Tanpa Rokok atas peraturan yang sudah disosialisasikan, serta penerapan sanksi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 302 Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 15 May 2020 00:57
Last Modified: 15 May 2020 00:57
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/26584

Actions (login required)

View Item View Item