PERAN PEMERINTAH MENGEMBANGKAN OBJEK WISATA AIR TERJUN GURUH GEMURAI KABUPATEN KUANTAN SINGINGI DALAM PERSPEKTIF FIQIH SIYASAH

Widya Dwiguna, - (2020) PERAN PEMERINTAH MENGEMBANGKAN OBJEK WISATA AIR TERJUN GURUH GEMURAI KABUPATEN KUANTAN SINGINGI DALAM PERSPEKTIF FIQIH SIYASAH. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text
Widya Dwiguna - Skripsi Full (-BAB 4).pdf

Download (11MB)
[img] Text (BAB IV)
Widya Dwiguna - Skripsi Pembahasan (BAB 4).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (679kB)

Abstract

Widya Dwiguna (2020): “Peran Pemerintah Mengembangkan Objek Wisata Air Terjun Guruh Gemurai Kabupaten Kuantan Singingi dalam Perspektif Fiqih Siyasah.” Air terjun Guruh Gemurai Kabupaten Kuantan Singingi merupakan objek wisata yang dikembangkan dan dikelolah oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan. Di lapangan penulis mendapati ketidak seimbangan antara jumlah pengunjung dengan fasilitas yang ada dilokasi wisata dan tak hanya itu beberapa fasilitas bahkan tak dapat dipergunakan sebagaimana mestinya. Permasalahan dalam skripsi ini adalah sejauh mana peran pemerintah dalam mengembangkan objek wisata air terjun Guruh Gemurai di Kabupaten Kuantan Singingi dan bagaimanakah tinjauan fiqih siyasah terhadap peran pemerintah dalam mengembangkan objek wisata air terjun Guruh Gemurai Kabupaten Kuantan Singingi Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang berlokasi di air terjun Guruh Gemurai Kabupaten Kuantan Singingi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh elemen yang berhubungan lansung dengan bidang pariwisata dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kuantan Singingi sebanyak 9 orang dan petugas dilokasi wisata yang terdiri berjumlah 6 orang, metode pengambilan sample adalah total sampling dan didapatilah sample berjumlah 15 orang. Data primer diperoleh langsung melalui wawancara dan observasi, dan data sekunder yang mendukung data primer yang bersumber dari buku-buku, jurnal, artikel, majalah, makalah dan sumber-sumber lain berkaitan dengan skripsi. Lalu dianalisis dengan cara analisis kualitatif melalui metode yang bersifat deskriptif analisis dengan menguraikan gambaran dari data yang diperoleh dan menghubungkan satu sama lain untuk mendapatkan suatu kesimpulan umum Terdapat 5 aspek yang dikembangkan pemerintah Kabupaten Kuantan Singingi dari air terjun Guruh Gemurai, yaitu; 1) pembangunan dan pengembangan infrastruktur yang masih belum dioptimalkan, 2) aktivitas pemasaran memalui media offline dan online, 3) peningkatan kualitas lingkungan dan masyarakat perlu dioptimalkan lagi, 4) pengembangan sumber daya manusia, dan 5) Kontribusi Retribusi bagi peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD), kelima aspek ini sesuai dengan siyasah maliyah yaitu dengan adanya kebijakan pengelolaan sumber daya alam yang didalamnya terdapat kebijakan pengelolaan sistem keuangannya dalam pelaksanaannya. Dalam pelaksaannya tidak hanya mendatangkan keuntungan bagi pemerintah dan daerah saja, namun juga dengan memepertinmbangkan masyarakatnya sehingga mendatangkan kemaslahatan bagi masyarakat. Kata Kunci : Peranan Pemerintah, Kebijakan Pariwisata, Pengembangan Pariwisata, Fiqih Siyasah, Siyasah Maliyah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 340 Ilmu Hukum > 342.598 Hukum Konstitusi di Indonesia, Hukum Tata Negara Indonesia
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Tata Negara (Siyasah)
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 11 May 2020 05:58
Last Modified: 11 May 2020 05:58
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/26498

Actions (login required)

View Item View Item