Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PELAKSANAAN PENGUCAPAN SIGHAT TAKLIK TALAK PADA WAKTU UPACARA AKAD NIKAH DI KANTOR URUSAN AGAMA KECAMATAN TAMPAN

YULIA MARTA PRATIWI, - (2020) PELAKSANAAN PENGUCAPAN SIGHAT TAKLIK TALAK PADA WAKTU UPACARA AKAD NIKAH DI KANTOR URUSAN AGAMA KECAMATAN TAMPAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
YULIA MARTA PARTIWI.pdf

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK Yulia Marta Pratiwi (2020): Pelaksanaan Pengucapan Sighat Taklik Talak pada Waktu Upacara Akad Nikah di Kantor Urusan Agama Kecamatan Tampan Pengucapan taklik talak seakan-akan sudah menjadi bagian yang tak dapat dipisahkan dari pernikahan orang Islam di Indonesia. Taklik talak yang telah disediakan teksnya dalam buku nikah, dianggap mengindikasikan bahwa taklik talak merupakan kewajiban bagi suami untuk membacakannya setelah ijab qabul. Sebenarnya suami mempunyai hak untuk menolak menggunakan taklik talak, sebab taklik talak ini bukan perjanjian yang wajib diadakan dalam setiap perkawinan, hanya bersifat sukarela. Tidak ada regulasi hukum yang mengatur tentang kewajiban taklik talak, ditambah lagi dengan telah adanya fatwa MUI yang menyatakan bahwa taklik talak tidak diperlukan lagi. Namun realita yang terjadi di KUA Kecamatan Tampan, beberapa penghulu mewajibkan penggunaan taklik talak pada pernikahan yang mereka pimpin. Berdasarkan latar belakang tersebut, Penulis membuat dua rumusan masalah, yaitu bagaimana pelaksanaan pengucapan sighat taklik talak pada waktu upacara akad nikah di Kantor Urusan Agama Kecamatan Tampan, dan bagaimana tinjauan hukum Islam tentang taklik talak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan pengucapan sighat taklik talak pada waktu upacara akad nikah di KUA Kecamatan Tampan dan mengetahui tinjauan hukum Islam mengenai pelaksanaan ini. Penelitian ini bersifat penelitian lapangan (field research) yang dilakukan di KUA Kecamatan Tampan. Subjeknya adalah penghulu di KUA Kecamatan Tampan, sedangkan yang menjadi objek penelitian adalah sighat taklik talak. Adapun yang menjadi populasi penelitian adalah para penghulu yang bertugas disana berjumlah 5 orang dan menjadikan seluruh penghulu tersebut sebagai sampel dengan teknik total sampling. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi, wawancara dan studi dokumen. Data primer yang digunakan adalah data-data yang diperoleh dari para penghulu. Kemudian mengkaji peraturan perundang-undangan, buku, jurnal dan karya ilmiah yang ada kaitannya dengan penelitian ini. Data yang telah dikumpulkan dianalisis dengan analisis kualitatif. Hasil penelitian yang dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pengucapan sighat taklik talak pada waktu upacara akad nikah di KUA Kecamatan Tampan secara umum tidak sesuai dengan regulasi hukum yang berlaku. Kemudian bila ditinjau menurut hukum Islam, taklik talak di Indonesia ini memiliki banyak perbedaan bila dibandingkan dengan taklik talak yang dipahami dalam kitab-kitab fiqih. Kata Kunci: Taklik Talak, Pernikahan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.5 Etika Islam, Praktik Keagamaan > 297.577 Perkawinan Menurut Islam, Pernikahan Menurut Islam, Munakahat
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga (Ahwal Al-Syakhsiyah)
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 09 May 2020 01:56
Last Modified: 09 May 2020 01:57
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/26459

Actions (login required)

View Item View Item