Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

IMPLEMENTASI KAIDAH AL’ADATU MUHAKKAMAH PADA TRADISI MAROSOK DALAM AKAD JUAL BELI DI PASAR TERNAK NAGARI PALANGKI KECAMATAN IV NAGARI KABUPATEN SIJUNJUNG PROVINSI SUMATERA BARAT

SUSI SUSANTI, - (2020) IMPLEMENTASI KAIDAH AL’ADATU MUHAKKAMAH PADA TRADISI MAROSOK DALAM AKAD JUAL BELI DI PASAR TERNAK NAGARI PALANGKI KECAMATAN IV NAGARI KABUPATEN SIJUNJUNG PROVINSI SUMATERA BARAT. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)
[img] Text
SUSI SUSANTI.pdf

Download (10MB)

Abstract

ABSTRAK Susi Susanti, (2019): Implementasi Kaidah Al-’Adatu Muhakkamah pada Tradisi Marosok dalam Akad Jual Beli di Pasar Ternak Nagari Palangki Kecamatan IV Nagari Kabupaten Sijunjung Provinsi Sumatera Barat”. Penulisan Skripsi ini dilatar belakangi oleh adanya sebuah tradisi unik dalam melakukan akad jual beli ternak yaitu tradisi marosok. Tradisi marosok dijadikan sebagai bentuk tawar menawar atau shighat dalam jual beli. Proses tawar menawar untuk mendapatkan kesesuaian harga dari hewan ternak yang hendak di beli dengan cara meraba, merasakan, dan memegang tangan yang ditutupi sesuatu yang setiap jari jemari memiliki arti. Jari tangan digunakan sebagai simbol untuk menentukan kesepakatan harga. Adapun untuk hewan ternak yang akan di beli hanya di takar berdasarkan logika dan perasaan tanpa menimbang berat badan dari hewan ternak tersebut. Tidak hanya itu, adanya sebuah kajian dalam ilmu fikih yaitu kajian tentang kaidah “Al-‘adatu Muhakkamah”. Peneliti ingin melihat sejauh mana kaidah ini dapat diterapkan pada tradisi marosok tersebut. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif yang bersifat deskriptif. Dimana penelitian ini bermaksud untuk memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subjek penelitian misalkan, perilaku, persepsi, tindakan secara holistic (menyeluruh). Adapun jenis penelitian ini adalah field research. Untuk memperoleh data penelitian yang dibutuhkan, penulis menggunakan teknik observasi serta wawancara terhadap beberapa informan dan didukung oleh buku-buku yang berkaitan dengan penelitian penulis. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kegiatan marosok masih dipertahankan hingga sekarang ini. Tradisi marosok memiliki berbagai nilai-nilai seperti membuat rukunnya para pelaku dagang, rasa saling percaya, solidaritas serta persaingan sehat dan damai dalam jual beli. Hal ini dikarenakan cara dalam kegiatan marosok itu sendiri yang selalu menjaga harga ternaknya dan menghargai pedagang ternak yang lain dalam bentuk bertransaksi dengancara disembunyikan. Kegiatan marosok dilakukan oleh dua orang yang saling bersalaman sambil memberikan simbol-simbol yang berartikan nominal dari harga ternak yang akan di perjual belikan, bersalaman dilakukan sambil ditutupi oleh benda seperti sarung, handuk kecil, dan topi. Dapat di tarik kesimpulan bahwasanya secara garis besar penerapan kaidah Al-‘Adatu Muhakkamah pada tradisi marosok sesuai dengan syariat dan konsep kaidah tersebut. Hal ini dikarenakan tradisi itu sudah berlangsung lama, berlaku umum, tidak bertentangan dengan prinsip jual beli yaang diterapkan syariat, mendatangkan mashlahat dan lain sebagainya. Akan tetapi, keadaan lain memperlihatkan adanya peluang atau celah yang memungkinkan tradisi ini tidak sesuai dengan syariat seperti memainkan harga dan marosok yang dilakukan oleh perempuan. Keyword : marosok, Al-‘Adatu Muhakkamah, Jual beli ternak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah)
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 08 May 2020 15:10
Last Modified: 08 May 2020 15:10
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/26452

Actions (login required)

View Item View Item