PENGARUH RESPONSIVENESS TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA WARUNG PEMPEK SIKOK NAK DUO PEKANBARU DITINJAU MENURUT EKONOMI SYARIAH

Norman Sri Puja Kusuma, - (2020) PENGARUH RESPONSIVENESS TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA WARUNG PEMPEK SIKOK NAK DUO PEKANBARU DITINJAU MENURUT EKONOMI SYARIAH. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (899kB)
[img] Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Norman Sri Puja Kusuma (2016) : “Pengaruh Responsiveness Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Warung Pempek Sikok Nak Duo Pekanbaru Ditinjau Menurut Ekonomi Syariah” Penelitian ini dilatarbelakangi bedasarkan fenomena yang ada dimana daya tanggap (responsiveness) dapat menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi kepuasan konsumen karena hal tersebut berkaitan langsung dengan pelayanan yang diberikan kepada konsumen, pelayanan yang tanggap akan memberikan kepuasan tersendiri bagi konsumennya. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh yang positif dan signifikan variabel responsiveness terhadap kepuasan konsumen pada Warung Pempek Sikok Nak Duo Pekanbaru dan bagaimana tinjauan Ekonomi Islam tentang responsiveness pada Warung Pempek Sikok Nak Duo Pekanbaru. Penelitian ini dilakukan pada Warung Pempek Sikok Nak Duo Pekanbaru yang berlokasi di Jalan Unggas No. 59 Kelurahan Simpang Tiga Kecamatan Bukit Raya Kota Pekanbaru. Populasinya sebanyak 16.200 orang diambil dari data tahun 2018. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 responden yang diambil berdasarkan rumus Slovin, dengan teknik pengambilan sampel menggunakan metode Accidental Sampling. Teknik pengumpulan data melalui Observasi, Wawancara, Angket, dan Dokumentasi. Selanjutnya penulis menganalisa data menggunakan kuantitatif dengan menggunakan uji instrumen penelitian, uji asumsi klasik, dan uji hipotesis. Dari hasil penelitian ini diperoleh persamaan regresi sebagai berikut : Y = 12,465 + 0,738X artinya bahwa variabel responsiveness berpengaruh positif terhadap variabel kepuasan konsumen. Hal ini juga diuji dengan menggunakan uji t dapat dilihat dari nilai thitung (12,981) > ttabel (1,984) dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 yang berarti H₀ ditolak dan Hₐ diterima. Untuk uji Koefisien Determinasi (R²) hasil pengolahan data menunjukkan bahwa nilai R² sebesar 0,632. Nilai tersebut menggambarkan bahwa sumbangan pengaruh variabel independen (responsiveness) terhadap naik turunnya variabel dependen (kepuasan konsumen) adalah sebesar 63,2% dan sisanya 36,8% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam model yang diajukan dalam penelitian ini. Pada koefisien korelasi diketahui nilai R sebesar 0,795. Artinya adalah bahwa korelasi antara variabel independen (responsiveness) dengan variabel dependen (kepuasan konsumen) memiliki hubungan yang tinggi atau kuat. Dalam tinjauan Ekonomi Islam, berdasarkan observasi penulis pelayanan responsiveness Warung Pempek Sikok Nak Duo telah sesuai dengan syariat islam, melayani dengan profesional, bersungguh-sungguh, melayani dengan ramah serta menjalin hubungan yang baik kepada pelanggannya. Dari praktek yang dijalankan oleh Warung Pempek Sikok Nak Duo maka tidak ada ditemui indikasi yang bertentangan dengan syariat islam. Keyword : Responsiveness, Kepuasan Konsumen

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum > 001 Ilmu Pengetahuan > 001.42 Metode Riset
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 08 May 2020 14:53
Last Modified: 08 May 2020 14:53
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/26409

Actions (login required)

View Item View Item