ANALISIS KOMPETENSI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PELAKSANAAN EVALUASI PEMBELAJARAN DI SMAN 2 UJUNGBATU ROKAN HULU

RIRIN KUSMAWATI, (2013) ANALISIS KOMPETENSI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PELAKSANAAN EVALUASI PEMBELAJARAN DI SMAN 2 UJUNGBATU ROKAN HULU. Thesis thesis, Universitar Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2012_201306PIS2.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Guru dituntut untuk memiliki empat kompetensi yang meliputi kompetensi profesional, kompetensi personal, kompetensi paedagogik dan kompetensi sosial agar berbagai unsur seperti tujuan pengajaran, bahan pengajaran, kegiatan belajar, metode mengajar dan evaluasi pembelajaran berjalan sesuai dengan tujuan pendidikan. Dalam kegiatan proses belajar mengajar tidak terlepas dari kegiatan pengukuran dan evaluasi yang berfungsi sebagai acuan untuk menentukan kebijakan yang akan diambil berdasarkan pelaksanaan evaluasi. Melihat bahwa pelaksanaan evaluasi sangat erat kaitannya terhadap kompetensi guru maka penulis melakukan penelitian tesis dengan judul “ Analisis Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pelaksanaan Evaluasi Pembelajaran di SMA Negeri 2 Ujungbatu Kabupaten Rokan Hulu”. Pada penelitian ini rumusan masalah adalah bagaimana kompetensi guru Pendidikan Agama Islam dalam pelaksanaan evaluasi pembelajaran dan bagaimana pelakasanaan evaluasi Pendidikan Agama Islam yang diterapkan di SMA Negeri 2 Ujungbatu. Sabjek dalam penelitian ini adalah seluruh guru Agama Islam SMA Negeri 2 Ujungbatu. Teknik pengumpulan data dengan cara memberikan angket pada responden, wawancara dan dokumentasi. Setelah data angket terkumpul maka diolah dengan menggunakan rumus sebagai berikut: f Dengan rumus : P = x 100 % N Kompetensi guru Pendidikan Agama Islam 658 P = x 100 % = 77,23 % 213 x 4 Pelaksanaan evaluasi yang diterapkan di SMA Negeri 2 Ujungbatu 617 P = x 100 % = 77,12 % 200 x 4 Setelah penulis melakukan penghitungan, selanjutnya penulis mengkategorikan tentang kompetensi guru Pendidikan Agama Islam dan pelaksanaan evaluasi pembelajaran berdasarkan skor yang diperoleh dari angket yang diberikan kepada guru Pendidikan Agama Islam di SMAN 2 Ujungbatu. Nilai 85 % -100 % : Menunjukkan Kriteria Tinggi. Nilai 65 % - 84 % : Menunjukkan Kriteria Sedang. Nilai 40 % - 64 % : Menunjukkan Ktiteria Kurang Mampu. Nilai 0 % - 39 % : Menunjukan Kriteria Rendah. xix Setelah penulis memasukan hasil yang diperoleh, maka dapat diketahui kompetensi guru Pendidikan Agama Islam dalam pelaksanaan evaluasi pembelajaran di SMA Negeri 2 Ujungbatu berada pada kategori sedang.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Program Pascasarjana > S2
Depositing User: Surya Elhadi
Date Deposited: 27 Apr 2016 05:48
Last Modified: 09 Sep 2016 04:28
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/2635

Actions (login required)

View Item View Item