PENGARUH PENDAPATAN DAN MANAJEMEN KOPERASI TERHADAP KESEJAHTERAAN ANGGOTA DITINJAU DARI EKONOMI ISLAM (STUDI DI KOPERASI SAWIT JAYA UNIT USAHA OTONOM BINA MAKMUR KECAMATAN TAPUNG KABUPATEN KAMPAR)

Kiki Anggraini, - (2020) PENGARUH PENDAPATAN DAN MANAJEMEN KOPERASI TERHADAP KESEJAHTERAAN ANGGOTA DITINJAU DARI EKONOMI ISLAM (STUDI DI KOPERASI SAWIT JAYA UNIT USAHA OTONOM BINA MAKMUR KECAMATAN TAPUNG KABUPATEN KAMPAR). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text
TANPA BAB IV.pdf

Download (2MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (578kB)

Abstract

Penelitian ini ditulis dengan latar belakang dengan adanya kenaikan jumlah simpanan pada tahun 2015, 2016 dan 2017 sehingga mempengaruhi peningkatan pada simpanan yang dimiliki oleh KUD Sawit Jaya-UUO Bina Makmur. Di samping itu dalam 3 tahun terkahir berhasil mencapai tingkat pertumbuhan SHU yang diinginkan. Hal ini diperkuat tingkat kesejahteraan anggota yang mendapatkan bagi hasil berupa Sisa Hasil Usaha (SHU) yang juga terus meningkat. Untuk itu perlu diiukur seberapa besar pengaruh manajemen dan pendapatan koperasi terhadap peningkatan kesejahteraan anggota. Penelitian ini adalah field research dengan populasi sebanyak 468 orang Populasi disample dengan rumus Slovin sehingga sampel diambil sebanyak 83 orang. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah menyebarkan kuesioner kepada responden penelitian di samping menggunakan observasi dan wawancara. Data yang terkumpul dianalisas secara kuantitatif dengan menggunakan SPSS versi 23.0. Penelitian ini menemukan bahwa pengaruh manajemen dan pendapatan terhadap kesejahteraan Anggiota KUD Sawit Jaya-UUO Bina Makmur kecamatan Tapung Kabupaten Kampar dapat dilihat dalam persamaan Y = 51,621 + 0, 114 X1 + 0,115 X2. Berdasarkan persamaan diatas maka jika manajemen dan pendapatan koperasi diasumsikan bernilai 0 (nol) maka kesejahteraan kerja akan memiliki nilai sebesar 51,621 poin dan peningkatan sebesar 0, 114 dari manajemen atau 0,115 dari pendapatan koperasi akan memberikan meningkatkan kesejahteraan sebesar 1 poin. Uji simultan menunjukkan bahwa dengan signifikansi 1,123 > nilai probabilitas sebesar 0,05 maka manajemen koperasi dan pendapatan memiliki pengaruh terhadap kesejahteraan anggota. Koefisien determinasi sebesar 0,47 atau 47 % menjelaskan bahwa manajemen dan pendapatan dapat mempengaruhi kesejahteraan anggota sementara sisanya 53 % dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak digunakan dalam penelitian ini. Dalam tinjauan Ekonomi Syariah ditemukan bahwa kemampuan manajemen yang baik, pendapatan yang terus meningkat signifikan dan tingkat kesejahteraan anggota KUD dipandang sebagai perwujudan amal shaleh yang dikembangkan berdasarkan prinsip kebenaran, kejujuran, keterbukaan, dan keahlian. Ajaran Islam mengajarkan pertumbuhan pendapatan suatau usaha harus merupakan bentuk usaha memperoleh rezki dengan jalan usaha dalam rangka memenuhi kebutuhan lahir dan batin. Keyword: Manajemen, Pendapatan, Kesejahteraan Anggota, Ekonomi Islam

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 05 May 2020 03:54
Last Modified: 05 May 2020 03:54
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/26349

Actions (login required)

View Item View Item