Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

TINJAUAN PENETAPAN DISPENSASI NIKAH KARENA HUBUNGAN LUAR NIKAH DI PENGADILAN AGAMA RENGAT TAHUN 2017-2018

Apriliana Sari, - (2020) TINJAUAN PENETAPAN DISPENSASI NIKAH KARENA HUBUNGAN LUAR NIKAH DI PENGADILAN AGAMA RENGAT TAHUN 2017-2018. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text
GABUNG.pdf

Download (7MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (456kB)

Abstract

Apriliana Sari : Tinjauan Penetapan Dispensasi Nikah Karena Hubungan Luar Nikah Di Pengadilan Agama Rengat Tahun 2017-2018 Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyaknya calon pengantin yang masih di bawah umur dan kebanyakan telah melakukan hubungan di luar nikah. Kemudian mengajukan dispensasi nikah ke lembaga yang berwenang yaitu Pengadilan Agama Rengat. Dasar hukum pengajuan dispensasi nikah tercantum dalam Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1974 Tentang Perkawinan dalam Pasal 7 ayat (2). Berdasarkan data tahun 2017-2018 permohonan dispensasi nikah yang masuk ke Pengadian Agama Rengat sebanyak 112 permohonan, 15 permohonan tidak dikabulkan dan permohonan yang dikabulkan Pengadilan Agama Rengat adalah sebanyak 97 permohonan dan permohonan dispensasi yang diajukan dengan alasan sudah melakukan hubungan di luar nikah sebanyak 34 permohonan hal inilah yang menjadi latar belakang permasalahan penelitian ini. Apakah implikasi hukum terhadap penetapan dispensasi nikah karena hubungan luar nikah di Pengadilan Agama Rengat. Faktor yang mempengaruhi banyaknya permohonan dispensasi nikah karena hubungan luar nikah di Pengadilan Agama Rengat. Kemudian apa pertimbangan hakim Pengadilan Agama Rengat dalam mengabulkan permohonan dispensasi nikah karena hubungan luar nikah. Untuk menjawab permasalahan tersebut dilakukan penelitian dengan metode penelitian lapangan (field research) yaitu penelitian yang dilakukan secara sistematis dengan mengangkat data yang ada dilapangan metode deskriptif kualitatif. Dengan data primer dan data skunder dengan fakta yang terjadi dilapangan berdasarkan observasi, wawancara, dokumentasi yang terjadi dan berkaitan dengan masalah tersebut. Populasi dari penelitian ini adalah dari salinan penetapan dispensasi nikah karena hubungan luar nikah sebanyak 34 permohonan yang dikabulkan, dengan teknik pengambilan sampel yaitu total sampling. Hasil penelitiannya adalah implikasi terhadap penetapan dispensasi nikah di Pengadilan Agama Rengat adalah pasangan yang belum cukup umur juga termasuk salah satu penyebab timbulnya perselisihan dalam rumah tangga sehingga menyebabkan perceraian. Faktor yang mempengaruhi banyaknya permohonan dispensasi nikah adalah yang paling utama tentu saja calon mempelai masih di bawah dan sudah ingin menikah, umur laki-laki dibawah 19 (sembilan belas) tahun dan perempuan dibawah 16 (enam belas) tahun, dan faktor lain yaitu karena lunturnya nilai-nilai akhlak yaitu pergaulan bebas dikalangan remaja menyebabkan terjadinya hubungan di luar nikah sehingga mengalami hamil di luar nikah. Pertimbangan hakim yang digunakan yaitu ketentuan Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1974 tentang Perkawinan pasal 7 ayat (2), kemudian menimbang berdasarkan hadits dan kaidah-kaidah hukum serta pendapat pakar hukum dan melihat keadaan darurahnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.5 Etika Islam, Praktik Keagamaan > 297.577 Perkawinan Menurut Islam, Pernikahan Menurut Islam, Munakahat
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga (Ahwal Al-Syakhsiyah)
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 28 Apr 2020 04:21
Last Modified: 28 Apr 2020 04:23
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/26343

Actions (login required)

View Item View Item