Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Pengaruh Pemanfaatan Limbah Daun Nenas Terhadap Peningkatan Taraf Ekonomi Petani Kualu Nenas Menurut Perspektif Ekonomi Islam.

RAHMAD HIDAYAT, - (2020) Pengaruh Pemanfaatan Limbah Daun Nenas Terhadap Peningkatan Taraf Ekonomi Petani Kualu Nenas Menurut Perspektif Ekonomi Islam. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (683kB)
[img] Text
GABUNGAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK RAHMAD HIDAYAT (2019) Judul Skripsi Ini Adalah Pengaruh Pemanfaatan Limbah Daun Nenas Terhadap Peningkatan Taraf Ekonomi Petani Kualu Nenas Menurut Perspektif Ekonomi Islam. Pemberdayaan masyarakat dapat dilihat dari tiga sisi. Pertama, menciptakan suasana suatu iklim yang memungkinkan potensi masyarakat berkembang. Kedua, memperkuat potensi atau daya yang dimiliki masyarakat dan ketiga, memberdayakan menganalisis arti melindungi pemberdayaan masyarakat yang bukan membantu masyarakat menjadi semakin tergantung kepada berbagai program pemerintah, karena pada dasarnya setiap apa yang dinikmati harus dihasilkan atas usaha sendiri. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah: apakah pemanfaatan limbah daun nenas berpengaruh terhadap peningkatan taraf ekonomi petani nenas, selanjutnya bagaimanakah tinjuauan ekonomi Islam terhadap pengaruh pemanfaatan limbah daun nenas terhadap peningkatan taraf ekonomi petani kualu nenas. Lokasi penelitian ini ialah di Desa Kualu Nenas Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data pada penelitian ini adalah analisis instrumen angket (validitas dan reliabilitas), uji regresi linier sederhana, uji koefisien determinasi dan uji hipotesis. Subjek dalam penelitian ini ialah petani nenas di Desa Kualu Nenas Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar. Sedangkan yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah pengaruh pemanfaatan limbah daun nenas terhadap peningkatan taraf ekonomi petani kualu nenas. Selanjutnya populasi dalam penelitian ini adalah 130 orang, sedangkan yang menjadi sampel adalah 65 petani nenas di Desa Kualu Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar. Adapun hasil penelitian adalah sebagai berikut: Pertama, Setelah dianalisis dengan bantuan SPSS Versi 21.00 bahwasanya variabel pemanfaatan limbah daun nenas berpengaruh signifikan terhadap peningkatan taraf ekonomi petani di Desa Kualu Nenas Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar dengan besaran pengaruh yang diberikan sebesar 50,5%. Kedua, Pemanfaatan limbah daun nenas yang dilakukan oleh organisasi masyarakat dalam kelompok tani nenas di Desa Kualu Nenas Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar sesuai dengan prinsip utama dalam Islam dalam upaya pengentasan kemiskinan. Selain itu Upaya organisasi masyarakat dalam kelompok tani nenas di Desa Kualu Nenas Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar dalam mengurangi tingkat kemiskinan pada masyarakat dengan melalui pemanfaatan limbah daun nenas merupakan wujud dari upaya memberikan perhatian, pembelaan dan perlindungan terhadap kelompok miskin.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 27 Apr 2020 03:56
Last Modified: 27 Apr 2020 03:57
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/26290

Actions (login required)

View Item View Item