Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS MACROMEDIA FLASH PADA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH AL-IKHWAN PEKANBARU

Miftah Audhiha, - (2020) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS MACROMEDIA FLASH PADA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH AL-IKHWAN PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
1587189503322_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
SKRIPSI MIFTAH AUDHIHA OK 1.pdf

Download (20MB)

Abstract

ABSTRAK Miftah Audhiha, (2020): Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Macromedia Flash pada Materi Sistem Peredaran Darah Manusia Kelas V Madrasah Ibtidaiyah AlIkhwan Pekanbaru. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kevalidan multimedia interaktif berbasis macromedia flash pada materi sistem peredaran darah manusia dan mendeskripsikan respon siswa dan respon guru terhadap multimedia interakif berbasis macromedia flash pada materi sistem peredaran darah manusia. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh media pembelajaran yang digunakan guru masih bersifat konvensional, serta kurangnya pemanfaatan fasilitas sekolah dalam menunjang proses pembeajaran. Penelitian ini merupakan penelitian R&D yang menggunakan model pengembangan Borg and Gall. Subjek penelitian adalah 31 siswa MI AlIkhwan Pekanbaru Kelas V tahun ajaran 2019/2020 dan objek penelitian ini adalah multimedia interaktif berbasis macromedia flash pada materi sistem peredaran darah manusia. Instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa wawancara, dokumentasi, lembar validasi yang diberikan kepada ahli media dan ahli materi untuk menguji kevalidan multimedia interaktif berbasis macromedia flash pada materi sistem peredaran darah manusia serta angket respon guru dan siswa untuk melihat respon guru dan siswa di MI Al-Ikhwan Pekanbaru terhadap multimedia interaktif berbasis macromedia flash yang dikembangkan. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Berdasarkan penelitian dan analisis data disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis macromedia flash pada materi sistem peredaran darah manusia kelas V MI Al-Ikhwan Pekanbaru khusus produk akhir yang dihasilkan telah memenuhi kriteria valid dengan skor rata-rata dari penilaian ahli media 96% dan ahli materi 94,5% dalam kategori sangat baik dan sudah layak diujicobakan. Setelah diuji coba, media pembelajaran berbasis macromedia flash pada materi sistem peredaran darah manusia kelas V MI Al-Ikhwan Pekanbaru untuk uji coba kelompok kecil diperoleh hasil persentase 100% dan untuk uji coba lapangan 100% dalam kategori sangat baik. Kemudian hasil respon guru terhadap mutlimedia interaktif berbasis macromedia flash pada materi sistem peredaran darah manusia kelas V MI Al-Ikhwan Pekanbaru di peroleh hasil dengan persentase 98,2% dalam kategori sangat baik. Kata Kunci: Multimedia Interaktif, Macromedia Flash, Sistem Peredaran Darah Manusia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 27 Apr 2020 02:50
Last Modified: 27 Apr 2020 03:05
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/26270

Actions (login required)

View Item View Item