Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Penerapan Model Pembelajaran Connecting, Organizing, Reflecting, dan Extending untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa pada Mata Pelajaran Matematika di Kelas V Sekolah Dasar Negeri 021 Sekijang Kabupaten Kampar.

Isma Apriliani, - (2020) Penerapan Model Pembelajaran Connecting, Organizing, Reflecting, dan Extending untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa pada Mata Pelajaran Matematika di Kelas V Sekolah Dasar Negeri 021 Sekijang Kabupaten Kampar. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text (file lengkap)
ISMA APRILIANI.pdf - Published Version

Download (10MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Isma Apriliani, (2020): Penerapan Model Pembelajaran Connecting, Organizing, Reflecting dan Extending untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa pada Mata Pelajaran Matematika Kelas V Sekolah Dasar Negeri 021 Sekijang Kabupaten Kampar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa pada mata pelajaran Matematika Kelas V di Sekolah Dasar Negeri 021 Sekijang Kabupaten Kampar melalui model pembelajaran connecting, organizing, reflecting dan extending. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dikarenakan masih banyak siswa yang belum tepat melaksanakan langkah-langkah dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah 1 guru dan 24 siswa. Sedangkan objek penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran connecting, organizing, reflecting, extending dan kemampuan pemecahan masalah siswa. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, dokumentasi dan tes. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif kualitatif dengan persentase. Berdasarkan hasil penelitian dan analisi data menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran connecting, organizing, reflecting dan extending dapat meningkat kemampuan pemecahan masalah siswa. Hal ini diketahui sebelum dilakukan tindakan hanya 7 orang siswa atau 29,16% yang mencapai kriteria baik. Setelah dilakukan tindakan perbaikan pada siklus I, kemampuan pemecahan masalah siswa terjadi peningkatan menjadi 12 orang siswa atau 50% yang mencapai kriteria baik. Pada siklus II kemampuan pemecahan masalah siswa mengalami peningkatan menjadi 24 orang siswa atau 100% yang mencapai kriteria baik. Dengan demikian dapat disimpulakn bahwa penerapan model pembelajaran connecting, organizing, reflecting dan extending dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa pada mata pelajaran matematika Kelas V di Sekolah Dasar Negeri 021 Sekijang kabupaten Kampar. Kata Kunci: Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika, Model Pembelajaran Connecting, Organizing, Reflecting dan Extending.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 28 Apr 2020 03:57
Last Modified: 28 Apr 2020 03:58
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/26258

Actions (login required)

View Item View Item