Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah pada Pelajaran Matematika Melalui Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir pada Siswa Kelas IV MI Al Wathaniyah Tualang Kecamatan Tualang Kabupaten Siak

Hidayatul Alawiyah, - (2020) Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah pada Pelajaran Matematika Melalui Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir pada Siswa Kelas IV MI Al Wathaniyah Tualang Kecamatan Tualang Kabupaten Siak. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (841kB)
[img] Text
HIDAYATUL ALAWIYAH.pdf

Download (9MB)

Abstract

ABSTRAK Hidayatul Alawiyah, (2020): Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah pada Pelajaran Matematika Melalui Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir pada Siswa Kelas IV MI Al Wathaniyah Tualang Kecamatan Tualang Kabupaten Siak Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa pada pelajaran Matematika melalui strategi pembelajaran peningkatan kemampuan berpikir di kelas IV MI Al Wathaniyah Tualang Kecamatan Tualang Kabupaten Siak. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemecahan masalah siswa, hal ini terlihat dari 20 orang siswa hanya 3 orang atau 15% saja yang menunjukkan kemampuan pemecahan masalah pada kategori baik karena masih banyak siswa yang belum mampu memahami masalah, melaksanakan perhitungan, melakukan perencanaan penyelesaian dan memeriksa kembali hasil perhitungan dengan baik. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah 1 orang guru dan 20 orang siswa MI Al Wathaniyah Tualang Kecamatan Tualang Kabupaten Siak. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, tes dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif kualitatif dengan persentase. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data menunjukkan kemampuan pemecahan masalah pratindakan hanya 3 orang siswa atau 15% yang mencapai kategori baik. Kemudian setelah di terapkan strategi pembelajaran peningkatan kemampuan berpikir pada siklus I, kemampuan pemecahan masalah siswa meningkat menjadi 14 orang siswa atau 70% yang mencapai kategori baik. Pada siklus II kemampuan pemecahan masalah siswa megalami peningkatan menjadi 20 orang siswa atau 100% yang mencapai kategori baik, artinya sudah mencapai indikator keberhasilan yang ditetapkan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran peningkatan kemampuan berpikir dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa pada mata pelajaran Matematika di kelas IV MI Al Wathaniyah Tualang Kecamatan Tualang Kabupaten Siak. Kata Kunci: Kemampuan Pemecahan Masalah, Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 500 Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 29 Apr 2020 02:43
Last Modified: 29 Apr 2020 02:44
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/26255

Actions (login required)

View Item View Item