Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share Berbantuan Media Tulang Napier terhadap Peningkatan Kemampuan Berhitung Siswa pada Tema Kewajiban dan Hakku Kelas III MI AlIkhwan Pekanbaru

Chindy Ariska, - (2020) Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share Berbantuan Media Tulang Napier terhadap Peningkatan Kemampuan Berhitung Siswa pada Tema Kewajiban dan Hakku Kelas III MI AlIkhwan Pekanbaru. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (363kB)
[img] Text
CHINDY ARISKA.pdf

Download (16MB)

Abstract

ABSTRAK Chindy Ariska, (2020): Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share Berbantuan Media Tulang Napier terhadap Peningkatan Kemampuan Berhitung Siswa pada Tema Kewajiban dan Hakku Kelas III MI AlIkhwan Pekanbaru Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan dari model pembelajaran think pair share berbantuan media tulang napier terhadap peningkatan kemampuan berhitung siswa pada tema kewajiban dan hakku kelas III MI Al-Ikhwan Pekanbaru. Penelitian ini dilatar belakangi atas rendahnya kemampuan berhitung matematika siswa. Masih sering dijumpai siswa yang mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal perkalian dan belum mampu memberikan penjelasan yang baik setelah memperoleh jawaban dari soal yang diberikan guru. Penelitian ini adalah penelitian jenis Quasi Eksperimen dan desain yang digunakan adalah nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III MI Al-Ikhwan Pekanbaru, sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas III B sebagai kelas kontrol dan kelas III C sebagai kelas eksperimen. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan dokumentasi, observasi dan tes. Berdasarkan hasil penelitian, maka ditarik kesimpulan bahwa kemampuan berhitung siswa kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol yaitu nilai rata-rata hasil uji t-test terhadap skor posttest yang dilakukan pada kelas eksperimen sebesar 89,7966, lebih tinggi dibandingkan hasil uji t-test pada kelas kontrol yaitu sebesar 75,5256. Sedangkan berdasarkan analisis hasil uji independent samples test diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 atau dengan nilai t hitung > t baik pada taraf signifikan 5% (1,668) maupun 1% (2,383), maka H a viii tabel diterima dan H ditolak yang berarti terdapat pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran kooperatif tipe think pair share berbantuan media tulang napier terhadap peningkatan kemampuan berhitung siswa pada tema kewajiban dan hakku kelas III MI Al-Ikhwan Pekanbaru. o Kata Kunci: Model Pembelajaran T

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum > 001 Ilmu Pengetahuan > 001.42 Metode Riset
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 27 Apr 2020 03:51
Last Modified: 27 Apr 2020 03:51
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/26254

Actions (login required)

View Item View Item