STRATEGI PELAYANAN TERHADAP NASABAH DI PEGADAIAN SYARIAH CABANG SUBRANTAS PEKANBARU PANAM

Aldrizal Syaputra, (2016) STRATEGI PELAYANAN TERHADAP NASABAH DI PEGADAIAN SYARIAH CABANG SUBRANTAS PEKANBARU PANAM. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
FM.pdf

Download (359kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (276kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (379kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (265kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (286kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (319kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (258kB) | Preview
[img]
Preview
Text
EM.pdf

Download (252kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh persoalan cara pelayanan kepada nasabah yang belum terlaksana dengan baik. Permasalahan penelitian ini adalah bagaimana strategi pelayanan terhadap nasabah di pegadaian syariah cabang Pekanbaru Panam. Subjek penelitian ini adalah karyawan pegadaian syariah cabang Pekanbaru Panam dan yang menjadi objeknya adalah strategi pelayanan terhadap nasabah. Penelitian ini disusun dengan kerangka pikir yang sistematis menggunakan model deduktif. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dan menggunakan pendekatan kualitatif. Informan penelitian berjumlah 3 (tiga) orang. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi dan hasil data tersebut dianalisis secara deskriptif kualitatif. Melalui metode di atas ditemukan bahwa strategi pelayanan terhadap nasabah di Pegadaian syariah cabang Pekanbaru Panam dilakukan denagn beberapa bentuk, diantaranya sebagai berikut: pertama, pelayanan melalui lisan, yaitu dengan menebar salam dan ramah terhadap nasabah. Kedua, pelayanan tulisan, yaitu dengan memberikan petunjuk arah dan inormasi tertulis. Ketiga, pelayanan perbuatan, yaitu sikap yang sopan terhadap nasabah. Keempat, pelayanan terhadap keluhan nasabah, yaitu dengan mendengarkan setiap keluhan dan kemudian member penjelasan dengan sabar dan tenang. Kelima, pelayanan prima, yaitu dengan mencermati keinginan nasabah dan simpatik terhadap nasabah. Jadi, dapat disimpulkan bahwa strategi pelayanan terhadap nasabah di Pegadaian syariah cabang Pekanbaru Panam sudah dilakukan baik, dan sesuai dengan standar strategi pelayanan perusahaan berbasis syariah. Kata kunci: Strategi, Pelayanan, Pegadaian.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.7 Perkembangan Islam > 297.74 Dakwah Islam, Penyebaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 19 Feb 2016 04:48
Last Modified: 19 Feb 2016 04:48
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/2620

Actions (login required)

View Item View Item