Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PERANAN DINAS SOSIAL KABUPATEN LABUHANBATU TERHADAP PERLINDUNGAN DAN PEMENUHAN HAK-HAK PENYANDANG DISABILITAS MENTAL DITINJAU MENURUT UNDANG- UNDANG NOMOR 8 TAHUN 2016 TENTANG PENYANDANG DISABILITAS

Reza Syaiendra Yusni, - (2020) PERANAN DINAS SOSIAL KABUPATEN LABUHANBATU TERHADAP PERLINDUNGAN DAN PEMENUHAN HAK-HAK PENYANDANG DISABILITAS MENTAL DITINJAU MENURUT UNDANG- UNDANG NOMOR 8 TAHUN 2016 TENTANG PENYANDANG DISABILITAS. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text
SKRIPSI FULL TANPA BAB IV.pdf

Download (2MB)
[img] Text (BAB IV)
6. BABA IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (408kB)

Abstract

ABSTRAK Reza Syaiendra Yusni, (2020): Peranan Dinas Sosial Kabupaten Labuhanbatu Terhadap Perlindungan dan Pemenuhan Hak-hak Penyandang Disabilitas Mental Ditinjau Menurut Undang-undang Nomor 8 Tahun 2016 Tentang Penyandang Disabilitas”. Penelitian ini dilatar belakangi atas pengamatan penulis mengenai pelaksanaan Undang-undang Nomor 8 Tahun 2016 Tentang Penyandang Disabilitas oleh Dinas Sosial Kabupaten Labuhanbatu dalam melindungi dan memenuhi hak-hak penyandang disabilitas mental yang ada di Kabupaten Labuhanbatu. Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu Bagaimana Peranan Dinas Sosial Kabupaten Labuhanbatu dalam melindungi dan memenuhi hak-hak penyandang disabilitas mental berdasarkan Undang-undang Nomor 8 Tahun 2016 Tentang Penyandang Disabilitas. Serta kendala-kendala dari Dinas Sosial Kabupaten Labuhanbatu dalam melindungi dan memenuhi hak hak penyandang disabilitas mental di Kabupaten Labuhanbatu tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian hukum sosiologis. Penelitian ini dilaksanakan pada Dinas Sosial Kabupaten Labuhanbatu yang berlokasi di Jalan Gelugur Nomor 18 A Rantauprapat. Populasi dalam penelitian ini adalah Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial, Kepala Seksi Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas, serta Staff Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas. Sedangkan sampel yang diambil menggunakan purposive sampling yaitu teknik pengambilan sampel dengan menentukan ciri-ciri khusus yang sesuai dengan tujuan penelitian. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan studi pustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Peran Dinas Sosial Kabupaten Labuhanbatu dalam melindungi dan memenuhi hak-hak penyandang disabilitas mental di Kabupaten Labuhanbatu belum terlaksana. Karena masih banyak didapati masyarakat penyandang disabilitas mental yang masih terlantar di wilayah Kabupaten Labuhanbatu. Penelantaran ini bukan hanya membahayakan jiwa penyandang disabilitas itu sendiri melainkan juga dapat membahayakan jiwa orang lain. Kendala-kendala yang dihadapi antara lain kurangnya sosialisasi kepada Dinas Sosial Kabupaten Labuhanbatu oleh Pemerintah Pusat terkait perlindungan dan pemenuhan hak-hak penyandang disabilitas mental, Tidak berjalannya secara maksimal program yang dibuat oleh Dinas Sosial Kabupaten Labuhanbatu, Pegawai Dinas Sosial Kabupaten labuhanbatu kurang memahami bagaimana upaya memberikan perlindungan dan pemenuhan hak-hak terhadap penyandang disabilitas mental, Sumber Daya Manusia pada Dinas Sosial Kabupaten Labuhanbatu tidak sesuai dengan Tugas, Pokok dan Fungsi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 07 Apr 2020 01:36
Last Modified: 07 Apr 2020 01:36
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/26155

Actions (login required)

View Item View Item