PENERAPAN SISTEM INFORMASI DESA BERDASARKAN UNDANG-UNDANG NO 6 TAHUN 2014 TENTANG DESA DI DESA BANGLAS BARAT KECAMATAN TEBING TINGGI KABUPATEN KEPULAUAN MERANTI

AL MARIO, - (2020) PENERAPAN SISTEM INFORMASI DESA BERDASARKAN UNDANG-UNDANG NO 6 TAHUN 2014 TENTANG DESA DI DESA BANGLAS BARAT KECAMATAN TEBING TINGGI KABUPATEN KEPULAUAN MERANTI. Skripsi thesis, UINIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text
TANPA BAB IV.pdf

Download (3MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (501kB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Penerapan Sistem Informasi Desa Berdasarkan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa di Desa Banglas Barat Kecamatan Tebing Tinggi Kabupaten Kepulauan Meranti”, Sistem Informasi Desa merupakan seperangkat alat meliputi fasilitas perangkat keras dan perangkat lunak, jaringan, serta sumber daya manusia yang dikelola oleh Pemerintah Desa untuk mendukung pengelolaan dan pemanfaatan data desa yang diatur dalam bagian ketiga pada Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa. Sistem Informasi Desa menurut Pasal 86 disebutkan bahwa desa berhak hak untuk mendapatkan akses informasi melalui sistem informasi desa yang dikembangkan oleh pemerintah daerah kabupaten/kota, selain hak dari pemerintah desa bearti juga kewajiban dari pemerintah dan pemerintah daerah kabupaten atau kota untuk mengembangkan sistem informasi desa dan pembangunan kewasan perdesaan yang sesuai dengan amanat undang-undang tentang desa tersebut. Dari latar belakang masalah tersebut timbul permasalahan yang muncul dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan sistem informasi desa berdasarkan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa di desa Banglas Barat Kecamatan Tebing Tinggi Kabupaten Kepulauan Meranti, dan apa-apa saja faktor yang mempengaruhi dalam penerapan sistem informasi desa yang berdasarkan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa di desa Banglas Barat Kecamatan Tebing Tinggi Kabupaten Kepulauan Meranti. Penelitian ini merupakan jenis penelitian hukum sosiologis yaitu penelitian lapangan yang bertitik tolak dari data primer atau data yang diperoleh langsung dari wawancara yaitu kepada kepala dinas bagian komunikasi dan informasi, kepala bagian pemerintahan desa di dinas pemberdayaan masyarakat dan desa, kepala desa Banglas Barat serta penyebaran angket kepada masyarakat. Sifat dari penelitian ini adalah deskriptif, lokasi penelitian ini berada di desa Banglas Barat Kecamatan Tebing Tinggi Kabupaten Kepulauan Meranti. Dari penelitian ini dapat diketahui bahwa penerapan sistem informasi desa berdasarkan Undang-Undang nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa di desa Banglas Barat Kecamatan Tebing Tinggi Kabupaten Kepulauan Meranti tidak terlaksana dengan baik karena belum memenuhinya sarana prasarana untuk menerapkan sistem informasi desa ini. Hal ini dapat dilihat dari belum adanya akses informasi desa yang di dapatkan oleh masyarakat. Sedangkan faktor yang mempengaruhi penerapan sistem informasi desa ini adalah sumber daya manusia yang belum memadai dalam hal pengelolaan atau pengoperasiaan sistem ini yang masih dalam masa pembinaan, regulasi penunjang yang kurang dari pemerintah daerah yaitu baik peraturan gubernur ataupun peraturan bupati, anggaran yang dibutuhkan untuk dapat terlaksana sistem informasi desa belum sesuai serta kurangnya kebutuhan masyarakat terhadap sistem informasi desa, sehingga tidak terlaksananya penerapan sistem isformasi desa ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 340 Ilmu Hukum > 342.598 Hukum Konstitusi di Indonesia, Hukum Tata Negara Indonesia
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 01 Apr 2020 02:28
Last Modified: 01 Apr 2020 02:30
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/26092

Actions (login required)

View Item View Item