PENGARUH CELEBRITY ENDORSER TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PRODUK KOSMETIK WARDAH DI TOKO FAJAR COSMETIC PEKANBARU DITINJAU DARI PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM

Agania Mardhatillah Nanda, - (2020) PENGARUH CELEBRITY ENDORSER TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PRODUK KOSMETIK WARDAH DI TOKO FAJAR COSMETIC PEKANBARU DITINJAU DARI PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV BARU.pdf - Supplemental Material
Restricted to Repository staff only

Download (560kB)
[img] Text
SKRIPSI GABUNGAN.pdf

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Agania Mardhatillah Nanda (2020): “Pengaruh Celebrity Endorser terhadap Keputusan Pembelian pada Produk Kosmetik Wardah di Toko Fajar Cosmetic Pekanbaru Ditinjau dari Perspektif Ekonomi Islam” Latar belakang dalam penelitian ini adalah Maraknya promosi dengan celebrity endorser dapat dilihat dari banyaknya selebritis perempuan yang menjadi celebrity endorser produk-produk kosmetik, atau produk lainnya. Salah satunya yaitu yang dilakukan oleh toko fajar cosmetic pekanbaru mereka sering mengundang celebrity endorser diantaranya para beauty influencer. Salah satunya pada produk wardah, namun, pada survey yang dilakukan oleh TOP Brand Indonesia, indeks TBI 9 dari 10 produk Wardah mengalami penurunan dari 2018 ke 2019, dan juga penjualan Wardah di toko Fajar Cosmetic rata-rata hanya 25 pcs perharinya. Sedangkan produk yang notabene memiliki sedikit celebrity endorser dari pada Wardah yang rata-rata penjualannya mencapai 35 pcs perharinya. Maka dirumuskan masalah Apakah ada pengaruh yang signifikan celebrity endorser terhadap keputusan pembelian pada produk kosmetik Wardah di Toko Fajar Cosmetic Pekanbaru, Bagaimanakah tinjauan ekonomi islam mengenai pengaruh celebrity endorser terhadap keputusan pembelian pada produk kosmetik Wardah di Toko Fajar Cosmetic Pekanbaru. Populasi dalam penelitian ini tidak diketahui jumlahnya maka penulis mengambil sampel dengan menggunakan teknik sampling kemudahan, maka didapat sampel sebanyak 96 orang dengan teknik accidential sampling, teknik pengumpulan data wawancara, angket, dokumentasi dan studi pustaka. Penelitian merupakan penelitian kuantitatif dengan mengunakan uji validitas, releabilitas, asumsi klasik, uji hipotesis penelitian mengunakan SPSS 21. Terdapat pengaruh yang signifikan celebrity endorser terhadap keputusan pembelian produk kosmetik Wardah di Toko Fajar Cosmetic Pekanbaru. Hal ini dikarenakan nilai t hitung > t tabel yaitu 10,957 > 1,98552 dengan nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05 yang berarti HO ditolak dan Ha diterima, hasil uji regresi linier sederhana Y=3,168+0,482X artinya apabila variabel celebrity endorser ditingkatkan 1 satuan maka keputusan pembelian juga akan meningkat sebesar 0,482, dan (+) yang berarti bahwa celebrity endorser berpengaruh postif terhadap keputusan pembelian dan hasil koefisien determinasi sebesar 0,561 yang artinya celebrity endorser memberikan pengaruh sebesar 56,1% terhadap keputusan pembelian dan 43,9% perubahan keputusan pembelian dipengaruhi oleh variable lain yang tidak terdapat dalam penelitian ini. Ditinjau dari Ekonomi Islam, promosi yang dilakukan pihak Wardah dengan celebrity endorser memberikan contoh yang baik yaitu bergaya rapih dan sopan namun belum seluruh celebrity endorser Wardah menggunakan hijab dan juga para celebrity endorser tersebut memberikan contoh untuk memilih menggunkan produk yang halal dan aman. Kata kunci: celebrity endorser, keputusan pembelian.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum > 001 Ilmu Pengetahuan > 001.42 Metode Riset
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 02 Apr 2020 05:42
Last Modified: 02 Apr 2020 05:42
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/26065

Actions (login required)

View Item View Item