Komunikasi Interaksi Simbolik Guru Dengan Siswa Kelas X Dalam Membangun Komunikasi Efektif Di SMKS YPPI Tualang

Muhammad Arifal, - (2020) Komunikasi Interaksi Simbolik Guru Dengan Siswa Kelas X Dalam Membangun Komunikasi Efektif Di SMKS YPPI Tualang. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text
BAB V BARU.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (537kB)
[img] Text
SKRIPSI GABUNGAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Komunikasi Interaksi Simbolik Guru Dengan Siswa Kelas X Dalam Membangun Komunikasi Efektif Di SMKS YPPI Tualang Oleh : Muhammad Arifal Dosen Pembimbing : Darmawati, M.I.Kom Komunikasi verbal dan nonverbal guru dan siswa kelas X akan menentukan komunikasi antar pribadi dari guru dan siswa dan merupakan kunci keberhasilan dalam berkomunikasi yang akan menghasilkan komunikasi efektif. Guru dan siswa kelas X berinteraksi secara tatap muka, dan saling memberikan pesan-pesan simbolik, namun terdapat hambatan-hambatan yang masih terjadi sehingga berdampak pada komunikasi efektif guru dengan siswa kelas X SMKS YPPI Tualang. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori interaksi simbolik dari George Herbert Mead dengan tiga ide dasarnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui komunikasi interaksi simbolik guru dengan siswa kelas X dalam membangun komunikasi efektif di SMKS YPPI Tualang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Penentuan informan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber data dan triangulasi metode. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa, komunikasi interaksi simbolik guru dan siswa kelas X dalam membangun komunikasi efektif di SMKS YPPI Tualang hampir dapat dikatakan efektif. Masih terdapat pesan-pesan simbolik yang tidak dapat dimengerti siswa dalam segi penggunaan bahasa, namun konsep diri telah berjalan dengan baik, hubungan antar pribadi telah berlangsung harmonis, sikap saling menghargai satu sama lain, kedekatan ditandai dengan siswa terbuka dengan guru, tidak ada sikap yang membeda-bedakan. Kata Kunci : Interaksi Simbolik, Kualitatif, Komunikasi Efektif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum > 001 Ilmu Pengetahuan > 001.42 Metode Riset
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 01 Apr 2020 03:31
Last Modified: 01 Apr 2020 03:31
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/26064

Actions (login required)

View Item View Item