PERAN KEPALA MADRASAH DALAM MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA DI MADRASAH ALIYAH KAMPAR TIMUR KABUPATEN KAMPAR

NOR AZMIR, (2013) PERAN KEPALA MADRASAH DALAM MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA DI MADRASAH ALIYAH KAMPAR TIMUR KABUPATEN KAMPAR. Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2013_2013123MPI.pdf

Download (648kB) | Preview

Abstract

Salah satu titik tolak dalam pembangunan di Indonesia adalah peningkatan sumber daya manusia. Kepala madrasah adalah seorang yang diberi tugas untuk memimpin sebuah lembaga pendidikan disamping ia sebagai seorang tenaga pendidik. Peran seorang kepala madrasah dalam memimpin madrasah sangat diharapkan sekali. Di antara peran kepala sekolah itu adalah sebagai; 1).Peran sebagai hubungan antara personal (interfersonal roles), 2) Peran sebagai informasional (informational roles) dan, 3) Peran sebagai pengambil keputusan (decisional roles). Untuk mewujudkan peran kepala madrasah dalam menejemen sumber daya manusia tidak terlepas dari keseriusan seorang pemimpin dan adanya kerjasama semua pihak baik tenaga pendidik maupun tenaga kependidikan lainnya. Disamping itu kepala madrasah juga berperan sebagai; 1). Tenaga pendidik, 2). Sebagai manajer, 3). Administrator, 4). Supervisor, 5). Leader, 6). Sebagai pencipta iklim kerja, dan 7). Sebagai wirausahawan. Berdasarkan pemikiran dan landasan tersebut, maka penulis termotivasi untuk mengadakan penelitian dengan judul “ Peran Kepala Madrasah Dalam Manajemen Sumber Daya Manusia di Madrasah Aliyah Kampar Timur Kabupaten Kampar “. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh bagaimana peran kepala madrasah dalam pelaksanaan manajemen sumber daya manusia di Madrasah Aliyah Kampar Timur Kabupaten Kampar. Dan untuk mengetahui faktor-faktor apa yang menjadi penghambat dan pendukung dalam pelaksanaan manajemen sumber daya manusia pada Madrasah Aliyah Kampar Timur Kabupaten Kampar tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang difokuskan pada pelaksanaan peran kepala madrasah dalam manajemen sumber daya manusia. Untuk memperoleh data tersebut, peneliti menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Setelah data terkumpul, peneliti melakukan analisa data dengan langkah-langkah sebagai berikut, yaitu pengumpulan data (Reduksi Data), penyederhanaan data, Pemaparan data/Penyajian data, dan Penarikan dan Pengajuan Simpulan (verifikasi). Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa peran kepala madrasah dalam manajemen sumber daya manusia di Madrasah Aliyah Kampar Timur masih belum maksimal baik dalam hubungan antar personal, sebagai pusat informasi maupun sebagai pengambil kebijakan dalam memimpin sebuah lembaga pendidikan. Semoga dengan penelitian ini, besar harapan peneliti kepada kepala madrasah untuk selalu memberikan yang terbaik kepada sumber daya yang ada pada lembaga pendidikan.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Program Pascasarjana > S2
Depositing User: Surya Elhadi
Date Deposited: 27 Apr 2016 05:48
Last Modified: 09 Sep 2016 03:55
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/2605

Actions (login required)

View Item View Item