Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PELAKSANAAN TANGGUNG JAWAB KONSUMEN DALAM KEGIATAN JUAL BELI MOBIL DENGAN SISTEM LEASING (Studi Kasus Adira Leasing, Kabupaten Asahan, Sumatera Utara)

DEWI SARTIKA, - (2020) PELAKSANAAN TANGGUNG JAWAB KONSUMEN DALAM KEGIATAN JUAL BELI MOBIL DENGAN SISTEM LEASING (Studi Kasus Adira Leasing, Kabupaten Asahan, Sumatera Utara). Skripsi thesis, UNVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV NEW.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (518kB)
[img] Text
GABUNGAN SKRIPSI NEW.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Jual beli mobil dengan sistem leasing pada pelaksanaannya didahului dengan kesepakatan antara para pihak, yaitu pihak lessor dan pihak lesse dan pihak ketiga sebagai pihak pengantar. Kesepakatan jual beli mobil dengan sistem leasing ini tertuang dalam sebuah kontrak leasing yang mencantumkan hak dan kewajiban masing-masing pihak dalam proses awal mula pembayaran angsuran leasing sampai dengan lunasnya angsuran leasing. Kontrak ini sangat penting mengingat resiko-resiko yang akan dihadapi ketika proses pembayaran angsuran leasing, klausul pada perjanjian jual beli mobil dengan sistem leasing harus mencantumkan juga hak dan kewajiban dari pihak ketiga. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui hak dan kewajiban dalam pelaksanaan jual beli mobil antara pihak leasing dengan konsumen dan kedala dalam pelaksanaan jual beli mobil antara pihak leasing dengan konsumen. Jenis penelitian ini adalah penelitian hukum sosiologis yaitu penelitian terhadap efektifitas hukum yang sedang berlaku sedangkan jika dilihat dari sifatnya deskriptif. Penelitian ini menggambarkan data primer yaitu data yang didapatkan langsung dari sumber pertama dan observasi langsung yang dilakukan oleh peneliti ke lapangan dan data sekunder yaitu data yang sudah jadi. Hasil penelitian ini adalah hak dan kewajiban dalam perjanjian jual beli mobil dengan sistem leasing tertuang dalam peraturan perundang-undang maupun perjanjian jual beli mobil dengan sistem leasing. Hak dan kewajiban antara lessor dan lesse adalah segala hal yang harus dipenuhi ataupun yang harus di terima oleh pihak lessor dan lesse yang timbul akibat perjanjian yang telah dibuat secara sah. Kendala dalam pelaksanaan jual beli mobil dengan sistem leasing ini adalah terjadinya penunggukan maupun keterlambatan pembayaran angsuran leasing yang dilakukan oleh lesse terhadap lessor yang mengakibatkan kerugian pada pihak lessor. Untuk mengatasi hal ini, maka dilakukan kerja sama atau teken kontrak antara pihak lessor dan pihak lesse yang berisikan apabila terjadi penunggakan pembayaran angsuran leasing yang dilakukan pihak lesse kepada pihak lessor maka pihak lessor akan memberi perpanjangan waktu kepada pihak lesse, namun jika dalam waktu tiga bulan berturut-turut pihak lesse tidak juga membayar angsuran mobil yang dileasingkan tersebut, maka pihak lessor berhak menarik mobil yang dileasingkan dari pihak lesse baik secara suka rela maupun secara paksa. Kata Kunci: Pelaksanaan, Tanggung Jawab, Jual Beli, dan Leasing

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 340 Ilmu Hukum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 17 Mar 2020 04:20
Last Modified: 17 Mar 2020 04:20
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/26046

Actions (login required)

View Item View Item