Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

KONSEP EKONOMI ISLAM MENURUT TAQIYUDDIN AN-NABHANI (Studi Naskah Kitab An-Nizhaamu Al-Iqtishaadiy Fi Al-Islami )

Irwandi (2017) KONSEP EKONOMI ISLAM MENURUT TAQIYUDDIN AN-NABHANI (Studi Naskah Kitab An-Nizhaamu Al-Iqtishaadiy Fi Al-Islami ). Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text
1. 2017158ES-S2CAVER.pdf

Download (258kB)
[img] Text
2. 2017158ES-S2PENGESAHAN.pdf

Download (291kB)
[img] Text
3. 2017158ES-S2ABSTRAK.pdf

Download (551kB)
[img] Text
4. 2017158ES-S2KATA PENGANTAR.pdf

Download (267kB)
[img] Text
5. 2017158ES-S2DAFTAR ISI.pdf

Download (315kB)
[img] Text
6. 2017158ES-S2BAB I.pdf

Download (368kB)
[img] Text
7. 2017158ES-S2BAB II.pdf

Download (518kB)
[img] Text
8. 2017158ES-S2BAB III TESIS.pdf

Download (31kB)
[img] Text
9. 2017158ES-S2BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (770kB)
[img] Text
10. 2017158ES-S2BAB V PENUTUP.pdf

Download (268kB)
[img] Text
11. 2017158ES-S2DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (280kB)

Abstract

Krisis ekonomi kapitalis dalam kurun waktu 50 tahun terakhir ini, telah terjadi berulangkali. Dari Rusia sampai ke Venezuela, menyebabkan penderitaan ekonomi, pendapatan menurun, kelaparan, kerusuhan dan meningkatnya kriminalitas. Bila diperhatikan visi ekonomi kapitalis ternyata lebih mengutamakan pemilik modal, memperlakukannya sebagai motor penggerak, inisiator, leader dan otomatis akan menjadi penerima keuntungan. Kapitalisme mengabaikan aspek transendental, moral dan ketuhanan. Dasar filosofi rasionalisme sekuler inilah yang menyebabkan ketidakseimbangan yang berdampak pada kerusakan alam, kemiskinan, kerusuhan sosial, hingga menimbulkan berbagai krisis berkelanjutan. Hancurnya komunisme dan sistem ekonomi sosialis membuat sistem kapitalisme disanjung sebagai satu-satunya sistem ekonomi yang baik. Tetapi ternyata, sistem ekonomi kapitalis membawa akibat negatif dan lebih buruk, karena banyak negara miskin bertambah miskin dan negara kaya yang jumlahnya relatif sedikit semakin kaya. Kapitalis gagal meningkatkan harkat hidup orang banyak terutama di negara-negara berkembang. Ekonomi Syariah dan Sistem Ekonomi Syariah merupakan perwujudan dari paradigma Islam. Pengembangan ekonomi Syariah dan Sistem Ekonomi Syariah bukan untuk menyaingi sistem ekonomi kapitalis atau sistem ekonomi sosialis, tetapi lebih ditujukan untuk mencari suatu sistem ekonomi yang mempunyai kelebihan-kelebihan untuk menutupi kekurangan-kekurangan dari sistem ekonomi yang telah ada. Diantara pemikir ekonomi Islam kontemporer adalahTaqiyuddin an-Nahbani dengan kitab beliannya Nizom Iqtishad fil Islam menjadi penelitian ini, karena konsep-konsep beliau yang lebih mengedepankan paradigam kritis. Permasalahannya bahwa kitab ini sangat terkenal dalam menkritisi kebijakan ekonomi konvensional sehingga layak diteliti bagaimana yang disebut dengan Ekonomi Islam dan sistemnya. Yang bertujuan untuk mengetahui secara mendalam isi kitab beserta konsep teorinya dalam Ekonomi Islam. Metodologi yang digunakan dengan pendekatan studi naskah kitab secara otomatis content analisis adalah alat ukurnya yang paling tepat. Hasil penelitiannya, Ekonomi Islam menurut Taqiyuddin an-Nahbani adalah Kegiatan Mengatur urusan kekayaan, baik yang menyangkut kegiatan memperbanyak jumlah kekayaan serta menjamin pengadaanya dengan tatacara pendistribusiannya dalam sistem ekonomi sesuai syariat Islam (al-Qur’an dan Sunnah ). Konsep Sistem Ekonomi Islam Taqiyuddin an-Nahbani dalam kitab An- Nizhaamu Al-Iqtishaadiy Fi Al-Islami menggunakan dua pendekatan Paradigma Umum System Ekonomi Islam, yaitu Aqidah Islamiyah yang menjadi landasan pemikiran (al-qa’idah fikriyah )bagi segala pemikiran Islam, seperti Sistem Ekonomi Islam, Sistem Politik Islam, Sistem Pendidikan Islam, dan sebagainya. Paradigma Khusus (Cabang) System Ekonomi Islam, yaitu sejumlah kaidah umum dan mendasar dalam Syariah Islam yang lahir dari Aqidah Islam, yang secara khusus menjadi landasan bangunan sistem ekonomi Islam. Paradigma khusus ini terdiri dari tiga asas (pilar ), yaitu: Kepemilikan (al-Milkiyah ) sesuai syariah, Pemanfaatan Kepemilikan (tasharruf fi al-Milkiyah ) sesuai syariah dan Distribusi Kekayaan Kepada Masyarakat (tauzi’ al-Tsarwah baina al-Nas ), Melalui mekanisme syariah Islam.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 200 Agama
Divisions: Program Pascasarjana > S2 > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms. Melda Fitriana
Date Deposited: 17 Feb 2020 02:31
Last Modified: 17 Feb 2020 02:31
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/25959

Actions (login required)

View Item View Item