PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN DI TOKO AIS JAYA FASHION PEKANBARU MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI SYARIAH

AHMAD HABLI, - (2020) PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN DI TOKO AIS JAYA FASHION PEKANBARU MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI SYARIAH. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text
GABUNG.pdf

Download (8MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (666kB)

Abstract

Dalam era globalisasi ini persaingan bisnis tidak dapat terelakkan. akibatnya timbul persaingan dalam menawarkan produk-produk yang berkualitas dengan harga yang mampu bersaing di pasaran. Penjual harus mampu memenuhi apa yang yang dibutuhkan dan diinginkan para konsumennya, sehingga bisa memberikan nilai yang lebih baik dari pada pesaingnya. Fenomena saat ini yang menarik di kalangan hawa atau perempuan adalah busana muslim. Toko Ais Jaya Fashion Pekanbaru adalah salah satu toko busana muslim yang memperhatikan kesesuaian antara kualitas produk dan harga yang ditawarkan kepada konsumen. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh kualitas produk dan harga terhaadap minat beli konsumen pada toko Ais Jaya Fashion Pekanbaru dan mengetahui tinjauan ekonomi syariah tentang kualitas produk dan harga terhadap minat beli konsumen pada toko Ais Jaya Fashion Pekanbaru. Populasi dalam penelitian ini adalah rata-rata konsumen perbulan yang belanja di Toko Ais Jaya Fashion Pekanbaru sebanyak 126 konsumen, namun sampel yang digunakan sebanyak 56 konsumen ais jaya fashion. Sedangkan teknik pengambilan sampel menggunakan accidental sampling. Penulis menganalisa data dengan menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa hubungan antara kualitas produk dan harga secara bersama-sama dengan minat beli adalah sebesar 0,343 yaitu rendah. Sedangkan dari hasil analisis koefisien determinasi diperoleh nilai sebesar 0,118 atau 12% yang artinya pengaruh variabel independen (kualitas produk dan harga) terhadap independen variabel (minat beli) sebesar 0,118, ini menunjukkan bahwa kontribusi variabel-variabel independen adalah sebesar 12% sedangkan sisanya dipengaruhi faktor lain yang tidak di teliti. Tinjauan ekonomi islam variabel minat beli sesuai dengan ekonomi islam yaitu minat beli oleh konsumen pada Ais Jaya Fashion sesuai dengan nilai-nilai syariah, karena kualitas produk dan harga yang telah ditetapkan sesuai dengan kebutuhan konsumen, serta pembelian konsumen bertujuan bukan untuk bermegah-megah atau melakukan pemborosan melainkan dijadikan sebagai pemenuhan terhadap kebutuhan primer yaitu kebutuhan yang wajib ada bagi orang muslim. Kata Kunci: Kualitas Produk, Harga dan Minat Beli

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 330 Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 12 Feb 2020 07:52
Last Modified: 12 Feb 2020 07:53
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/25943

Actions (login required)

View Item View Item