Neni Pitriani, - (2020) HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN SOSIAL ORANGTUA DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMA NEGERI 12 PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (478kB) |
|
Text
GABUNG.pdf Download (26MB) |
Abstract
HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN SOSIAL ORANGTUA DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMA NEGERI 12 PEKANBARU xii Oleh Neni Pitriani Fakultas Psikologi UIN Suska Riau Abstrak Prestasi belajar merupakan hasil usaha belajar yang dicapai seorang siswa berupa suatu kecakapan dari kegiatan belajar dibidang akademik di sekolah pada jangka waktu tertentu. Prestasi belajar dipengaruhi oleh beberapa faktor salah satunya adalah orangtua, dan motivasi belajar. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara dukungan sosial orangtua dan motivasi belajar dengan prestasi belajar matematika siswa. Jumlah subjek dalam penelitian ini adalah 109 siswa di SMA Negeri 12 Pekanbaru, dengan teknik Cluster Sampling. Penelitian ini dilakukan menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan skala dukungan sosial orangtua dan motivasi belajar sebagai alat pengumpulan data penelitian. Berdasarkan hasil ananlisis data antara dukungan sosial orangtua dan motivasi belajar dengan prestasi belajar siswa ditemukan nilai koefisien korelasi (f) sebesar 3,655 dan (p) sebesar 0,029 (p<0,05). Dengan demikian hipotesis penelitian diterima. Artinya terdapat hubungan positif antara dukungan sosial orangtua dan motivasi belajar dengan prestasi belajar siswa SMA Negeri 12 Pekanbaru. Kata kunci: Dukungan sosial orangtua,motivasi belajar dan prestasi belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 100 Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi |
Divisions: | Fakultas Psikologi > Psikologi |
Depositing User: | fpsi - |
Date Deposited: | 13 Feb 2020 04:08 |
Last Modified: | 13 Feb 2020 04:08 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/25936 |
Actions (login required)
View Item |