EVALUASI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SMA NEGERI 1 SABAK AUH KECAMATAN SABAK AUH KABUPATEN SIAK SRI INDRAPURA (Studi Tentang Konstruksi Soal Tes Materi Pendidikan Agama Islam oleh Guru Semester GenapTahun Ajaran 2012-2013)

EVI RAHAYU, (2013) EVALUASI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SMA NEGERI 1 SABAK AUH KECAMATAN SABAK AUH KABUPATEN SIAK SRI INDRAPURA (Studi Tentang Konstruksi Soal Tes Materi Pendidikan Agama Islam oleh Guru Semester GenapTahun Ajaran 2012-2013). Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2013_2013114PAI.pdf

Download (555kB) | Preview

Abstract

EVI RAHAYU, 2013. Penelitian ini berjudul “Evaluasi Pendidikan Agama Islam SMAN 1 Sabak Auh Kecamatan Sabak Auh Kabupaten Siak Sri Indrapura (Studi Tentang Konstruksi Soal Tes Materi Pendidikan Agama Islam oleh Guru Semester Genap Tahun Ajaran 2012-2013)”. Tesis Program Pascasarjana Universitas Islam Negeri (UIN) Suska Riau. Mengkonstruksi soal tes merupakan hal yang sangat penting agar sebuah tes dapat berfungsi sebagai alat ukur untuk mengukur tercapai atau tidaknya tujuan pembelajaran. Juga memberikan feedback kepada guru tentang keberhasilan proses pembelajaran dan dapat menjadi pedoman untuk melakukan perbaikan-perbaikan pada pembelajaran berikutnya, di SMAN 1 Sabak Auh pengkonstruksian soal tes mata pelajaran pendidikan agama islam belum dilaksanakan secara serius, dilihat dari soal-soal yang peneliti dapatkan masih banyak kekurangan baik dari konstruksinya maupun materinya belum bisa dikategorikan soal yang baik dari segi penyusunan. Sehingga peneliti tertarik untuk meneliti tentang pengkonstruksian soal tes materi PAI di SMAN 1 Sabak Auh tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan dan menggambarkan bagaimana proses pengkonstruksian soal tes pendidikan agama islam di SMAN 1 Sabak Auh oleh guru-guru PAI pada semester genap ini. Untuk mengetahui hal tersebut diajukan rumusan masalah bagaimana teknik pengkonstruksian soal tes PAI objektif bentuk pilihan ganda dan uraian di SMAN 1 Sabak Auh. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yaitu menggambarkan dan mengetahui makna dibalik tindakan, kebijakan dan prilaku dari subjek penelitian. Adapun pokok pembahasan dalam penelitian ini meliputi proses konstruksi soal tes Pendidikan Agama Islam, proses konstruksi soal tes objektif bentuk pilihan ganda dan konstruksi soal tes subjektif bentuk uraian di SMAN 1 Sabak Auh Kecamatan Sabak Auh Kabupaten Siak Sri Indrapura semester genap tahun pengajaran 2012/2013. Hasil penelitian diperoleh bahwa pengkonstruksian soal tes untuk mata pelajaran PAI di SMAN 1 Sabak Auh secara keseluruhan belum memenuhi kriteria pengkonstruksian soal tes yang baik sehingga perlu direvisi kembali proses pengkonstruksian soal tes agar hasil soal tes dan hasil tes dapat secara maksimal menjadi alat ukur yang baik, sehingga menghasilkan perubahan pada siswa yang lebih baik dan feedback kepada guru tentang keberhasilan proses belajar dan dapat menjadi pedoman bagi seluruh guru khususnya guru PAI dalam melakukan perbaikan-perbaikan untuk proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Program Pascasarjana > S2
Depositing User: Surya Elhadi
Date Deposited: 27 Apr 2016 05:47
Last Modified: 08 Sep 2016 07:04
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/2593

Actions (login required)

View Item View Item